Pelatihan Penyusunan Modul Ajar bagi Guru - Guru SMAN 1 Pamboang Sulawesi Barat

Jusniar Jusniar(1*), Syamsidah Syamsidah(2), Munawwarah Munawwarah(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan PKK FT Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran yang harus dikembangnkan oleh guru-guru pada implementasi Kurikulum Merdeka. Dosen UNM sebagai mira kerjasama dengan guru-guru merasa perlu untuk berkontribusi dalam perubahan ini. Wujud tersebut dilakukan dengan melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai darama ketiga bagi dosen, melalui pelatihan penyusunan modul ajar berbasis kurikulum merdeka bagi guru0guru SMAN 1 Pamboang. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan profesionalisme guru – guru. Kegiatan ini dilaksanakan di Majene, Sulawesi Barat dengan peserta pelatihan yaitu guru – guru SMAN 1 Pamboang sebanyak 15 orang. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen pengabdi dari jurusan Kimia FMIPA UNM melalui LP2M. Beberapa hal menjadi pembahasan dalam kegiatan ini diantaranya yaitu  gambaran umum Kurikulum merdeka dan modul ajar serta model-model pembelajaran., kedua, Penguatan karakter pancasila dan jenis-jenis model pembelajaran, ketiga, pembelajaran berdiferensiasi; keempat, keragaman dan karakteristik peserta didik. Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh 15 peserta dari hasil jajak persepsi melalui angket yang diberikan oleh tim pengabdi. Mereka berharap kegiatan-kegiatan sejenis ini berkelanjutan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru-guru. Selama pelatihan berlangsung peserta mengikutiya secara antusias terlihat dari keterlibatan peserta secara aktif dalam tahapan diskusi dan berlatih menyusun modul ajar dan lampirannya sesuai dengan materi pelajaran masing-masing.

 Kata Kunci: Modul ajar, Pelatian, Kurikulum Merdeka


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Battelle for Kids. (2019). Framework for 21st century learning definitions. https://bit.ly/3i9iQDK

Hamzah. 2011. Model PembalajaranMenciptakan Proses BelajarMengajar. Jakarta: BumiAksara.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan (sebuah orientasi baru). Jakarta: Penerbit Referensi.

Muhammad Yaumi. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. jakarta: Penerbit Kencana

Pardjono. 2013. Landasan Filosifis Teoritis Penelitian Tindakan dan Aplikasinya. Bandung. Alfabeta.

Partnership for 21st Century Skills. (2009). P21 Framework Definitions. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED519462.pdf

Rusman. 2013. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali pers.

Retno listyarti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif,Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Penerbit esensi.


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.