Pengembangan Kompetensi Guru melalui Pemanfaatan Canva

Usman Usman(1*), Pariabti Palloan(2), Ahmad Dahlan(3), Muh. Bahly Basri(4),

(1) Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan berdampak pada pergeseran sistem kerja konvensional menjadi digital sehingga mendorong terjadinya transformasi digital atau digitalisasi. Kondisi tersebut menuntut penyelenggara pendidikan untuk mempersiapkan diri menghadapi transformasi digital. Transformasi digital dalam bidang pendidikan dimaknai sebagai upaya mengubah berbagai aspek dan proses pendidikan ke dalam berbagai jenis bentuk digital untuk mencapai tujuan pendidikan. Canva adalah aplikasi atau software pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang lebih mudah dan cepat. Canva dapat digunakan untuk mendesain power point, lembar kerja peserta didik (LKPD), desain poster, menyusun infografis, dan sebagainya. Pengabdian ini memanfaatkan Canva sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru. Pengabdian dilaksanakan melalui berbagai tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, pendampingan, dan monitoring evaluasi. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang yang berasal dari satuan pendidikan di Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene. Pelatihan yang diberikan meliputi: a) cara membuat akun, b) cara menelusuri template, c) cara mengedit atau mengubah template, d) penggunaan fitur-fitur pada canva, dan e) penggunaan hasil dalam proses belajar mengajar. Pelaksanaan kegiatan melalui tahap orientasi, tutorial (pendampingan terstruktur), demonstrasi, dan penyajian. Karya yang dihasilkan peserta menggunakan Canva yaitu lembar kerja peserta didik (LKPD), power point, dan video pembelajaran.

 

Kata kunci: Canva, digitalisasi, guru, kompetensi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anita dan Siti Irene Astuti. 2022. Digitalisasi dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus terhadap Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1):1-12.

Ceha, dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kegiatan Pembelajaran. Ethos, 4(1):131-138.

Febrialismanto dan Hidayatun Nur. 2019. Kemampuan Guru Menggunakan TIK untuk Pengembangan di Taman Kanak-Kanak. Kindergarten, 2(2):101-111.

Sufyan, Qurrotul A’yun Sufyan dan Abdul Ghofur. 2022. Pemanfaatan Digitalisasi Pendidikan dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. Mubtadi, 4(1):62-71.

Wijoyo, Hadion, dkk. 2021. Transformasi Digital dari Berbagai Aspek. Solok: Insan Cendekia.


Article Metrics

Abstract view : 95 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.