Peningkatan Penguasaan Kompetensi Dasar Tentang Peran Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia

Bahri Bahri(1*), Rasyid Ridha(2), La Malihu(3), Patahuddin Patahuddin(4), Khaeruddin Khaeruddin(5), Ahmad Ahmad(6), Syawal Syawal(7), Andi Dewi Ring Tati(8),

(1) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(5) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(6) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(7) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(8) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak kompetensi dasar merupakan bentuk penguasaan terhadap pengetahuan, perilaku, keterampilan dan sikap. Kompetensi ini dikembangkan mengacu pada kompetensi inti yang telah dirumuskan.  Komptensi dasar mengacu pada aspek; 1) meningkatkan pengetahuan pada aspek kognitif, 2) mengasah bakat, minat dan kemampuan, 3) mengajarkan norma-norma dan 4) memperbaiki sikap individu. Kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi. Permasalahan dilapangan khsusnya pada mata Pelajaran Sejarah masih ditemukan kendala ketidakmampuan guru dalam menjabarkan menjadi indikator, sehingga diperlukan perhatian khusus terhadap permasalahan ini. Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan peningkatan penguasaan KD Tentang Peran Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Pelaksanaan PKM  di laksanakan di Kabupaten Majene dengan peserta 20 orang guru sejarah. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan terkait dengan peningkatan penguasaan KD Tentang Peran Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Kata kunci: Kompetensi Dasar, Peran Pokoh


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azizah, Rifky. 2019. “Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Tematik (Studi Kasus Di Mi Ma’arif Patihan Wetan Ponorogo).”

Bagou, Dewi Yulmasita, and Arifin Suking. 2020. “Analisis Kompetensi Profesional Guru.” Jambura Journal of Educational Management 122–30. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Bahri, Bahri, Andi Dewi Riang Tati, Asmunandar Asmunandar, Khaeruddin Khaeruddin, Ahmad Subair, Andi Dody May Putra Agustang, and Ibrahim Arifin. 2023. “Peningkatan Penguasaan Guru di Sulawesi Barat pada Kompetensi Dasar Peran Tokoh Nasional Daerah Memperjuangkan Kemerdekaan.” Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):355–62. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1644

Barlian, Ujang Cepi, and Siti Solekah. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” JOEL: Journal of Educational and Language Research 1(12):2105–18.

Danim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Prenada Media.

FAHMI, GIRI RACHMAWATI. 2012. “Muatan Sejarah Perempuan dalam Mata Pelajaran Sejarah Tingkat Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Kurikulum 1994, 2004, 2006.”

Febriana, Rina. 2021. Kompetensi Guru. Bumi aksara.

Hanafie Das, St Wardah, and Abdul Halik. 2021. “Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru.”

Jamin, Hanifuddin. 2018. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 19–36.

Kamiludin, Jajang. 2021. “Pelaksanaan In-House Training (IHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP.” Jurnal Pedagogiana 8(49):1–12. https://doi.org/10.47601/AJP.57

Mazidah, Nilam, Titin Kartini, and Sri Kantun. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Icare untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas x Ak 2 Smk Al Qodiri Jember Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Posting Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019).” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 14(1):246–52. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12426

Pangestika, Ratna Rosita, and Fitri Alfarisa. 2015. “Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia.” Pp. 671–83 in Makalah Prosiding Seminar Nasional. Vol. 9.

Purnawanto, Ahmad Teguh. 2022. “Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pedagogy 15(1):75–94.

Solong, Najamuddin Petta. 2021. “Manajemen Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9(1):19–32. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2064

Suparjan, Edy. 2020. “Perubahan Kurikulum Pendidikan Sejarah di SMA (1994-2013).” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1283

Suprima, Suprima. 2022. “Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 5(1):26–40. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1664

Uno, Hamzah B., and Masri Kudrat Umar. 2023. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.