PKM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Perangkat Lunak Diamond Dalam Meningkatkan Keterampilan Softskill Dan Hardskill Materi Zat Padat Dalam Pembelajaran IPA

Vicran Zharvan(1*), Eko Hadi Sujiono(2), Nurhayati Nurhayati(3),

(1) Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Di era kemajuan teknologi saat ini, telah banyak aspek yang ikut berubah mulai dari ekonomi, sosial, kesehatan dan tidak lepas pada bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan, pembelajaran konvensional saat ini tidak cukup untuk menjelaskan fenomena-fenomena alam khususnya ke-IPA-an dengan menggunakan metode abstraksi. Olehnya, diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik dalam menyampaikan sifat dan karakteristik dari suatu bahan secara lebih rinci dengan menggunakan bantuan model dalam bentuk animasi. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tarik dan pemahaman peserta didik dalam memahami karakteristik dari unsur-unsur di alam hingga tinjauan atomik adalah dengan menggunakan perangkat lunak Diamond. PKM pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan perangkat lunak Diamond akan diberikan pada mitra guru-guru IPA di lingkup SMPN 1 Sungguminasa. Kegiatan pengabdian ini terbagi atas dua rangkaian yakni sesi pemberian materi dasar mengenai karakteristik padatan dan pengenalan perangkat lunak Diamond serta pelatihan dalam bentuk workshop pembuatan visualisasi struktur atom penyusun padatan. Selanjutnya, animasi yang dihasilkan selanjutnya diimplementasikan ke dalam bentuk media pembelajaran khususnya pembelajaran IPA mengenai zat padat. Hasil menunjukkan bahwa mitra guru merasa terbantu dan mendapatkan media pembelajaran alternatif dalam menjelaskan struktur atom dari suatu padatan.

Kata kunci: Diamond, Strukur Kristal, Pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hendriyana, A., Mulyani, S., & Miswadi, S. (2013). Pengembangan Software Pembelajaran Mandiri (Spm) Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom. Journal of Innovative Science Education.

Magdalena, Z. (2017). Penerapan Metode Simulasi Berbantuan Media Bongkar Pasang Konfigurasi Elektron Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konfigurasi Elektron dan Sistem Periodik Unsur di Kelas XI IPA MAN 2 Paringin. Quantum (Jurnal Inovasi Pendidikan Sains).

McKagan, S. (2007). veloping and Researching PhET simulations for Teaching Quantum Mechanics. Physics Education Research.

Psycharis, S., & Fotini, P. (2007). Enhance Learning Based on hological Indexes and Individual Preferences for a Physics Course Using An Adaptive Hypermedia Learning Enviro. The International Journal of Learning.

Putz, H., & Brandenburg GBR, K. (2018). Manual Diamond 4.pdf.

Sadirman, A. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengejar. Jakarta: Rajawali Press.

Supardi, S., Imam, K., Putri, & Rahning, I. (2010). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia Dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. rnal Inovasi Pendidikan Kimia.

Widiyowati, & Intan, I. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Dengan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Pancaran.

Wiroatmojo, P., & Sasonoharjo. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: LAN RI.

Yumna, Y., Cawang, C., & Hadiarti, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbantuan Video Terhadao Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Konfigurasi Elektron Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.