Pelatihan Penguatan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Ajaran Agama Islam Pada Narapidana di Rutan Makassar

Muhammadong Muhammadong(1*), Mustari Mustari(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Salah satu tempat pembinaan masyarakat yang terkena kasus hukum dapat ditemukan pada Rumah Tahanan Kelas 1 Makassar. Tempat tersebut membina sampai ribuan narapidana untuk dilakukan bimbingan atau pelatihan agar terjadi perubahan sikap pada mereka. Salah satu diantaranya adalah pelatihan penguatan nilai-nilai karakter berbasis ajaran agama Islam. Sebagai agama yang diturnkan Allah swt, Islam sangat responsive terhadap paranata yang terjadi dimasyarakat. Islam sebagai way of life tentu mengambil peran sangat penting dalam merubah tatanam kehidupan Masyarakat. Warga binaan di Rumah tahanan Makassar sangat antusiasme mengikuti pelatihan agar dapat merubah prilaku hidup mereka kearah yang lebih baik melalui Pendidikan keagamaan. PKM ini dilaksanakan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak Rumah tahanan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan shalat berjamaah setiap waktu shalat yang diikuti oleh semua warga binaan, kegiatan qiraah dan Tahsin alquran yang dilaksanakan setiap selesai shalat duhur, dan kegiatan ceramah agama yang dilaksnakan setiap selesai shalat ashar 2 kali seminggu. Metode yang digunakan dengan model variatif, metode ceramah, tanya jawab,  agar peserta tidak membosankan dalam mengikuti pelatihan.

Kata kunci: pelatihan, karakter, agama, Islam, Narapidana.    


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Fijawi, M. F. A., Shah, M. A., Aung, U. T., & Muhammad, M. K. (2019). Violations of Basic Rights of Prisoners In Conventional and Islamic Law: Theory and Practice. Intellectual Discourse, 27(2), 455-474.

Banakar, Reza, and Max Travers, eds. (2005) Theory and method in socio-legal research. Bloomsbury Publishing.

DeLacy, Margaret (1986) Prison Reform in Lancashire, 1700-1850: A study in local administration. Vol. 33. Manchester University Press.

Eanne Contardo and Michell Tolbert (2006) Prison Postsecondary Education: Bridging Learning from incarceration to the community, (London: City University of New York.

Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51-60.

Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19-31.

Rahmat, Jalaluddin. (20212) Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Press.

Nasional, Badan Pembinaan Hukum. (2019) Naskah Akademik Rancangan Undang-Undang Tentang Pemasyarakatan. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Pelani, H. (2018). Kegiatan Keagamaan Sebagai Pilar Perbaikan Perilaku Narapidana di Lembaga Permasyarakatan Wanita Kelas II A Sungguminasa Gowa. Jurnal Diskursus Islam, 444-458.

Rezaei, S., & Mousavi, S. V. (2019). The Effect of Monotheistic Integrated Psychotherapy on the Levels of Resilience, Anxiety, and Depression among Prisoners. Health, Spirituality and Medical Ethics, 6(1), 2–10. https://doi.org/10.29252/jhsme.6.1.2

Ridwan Haris (22017) The Influence of The Islamic Psycho – Spiritual Therapy on Muslim Adolescent Drug Addicts, (Malaysia: International Islamic University Malaysia).

Rouf, Abdur. (2015) Transformasi dan Inovasi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 8(2), 125-143.

Sahartian, S. (2019). Pengaruh Pembinaan Rohani Keluarga Terhadap Karakter Pemuda Berdasarkan Kolose 2: 6-10. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(1), 20–39. doi: 10.34081/fidei.v2i1.30

Sanapiah, Faisal (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Yunita, N., & Valentine, F. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Serta Hikmah Pengurusan Jenazah. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 289-308.

Yuliyanto. (2021). “Deradikalisasi Narapidana Teroris Melalui Individual Treatment (Deradicalization of Terrorist Prisoners Through Individual Treatment).

Zwick, Rebekah Gwynne (2018) Brother's Keeper: Self-Discovery, Social Support, and Rehabilitation through In-Prison Peer Mentorship." PhD diss., Nova Southeastern University.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.