Penerapan Tie Dye Dalam Pelengkap Busana Pada Pemberdayaan Perempuan Provensi Sulawesi Barat
(1) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak – Mitra yang menjadi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah Perempuan Remaja Putri di Kelurahan Lalampanua Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat, Masalahnya adalah (1) Kurangnya pengetahuan tentang tie dye yang akan di praktekkan pada pelengkap busana seperti jilbab segi empat. (2) Kurangnya pengetahuan tentang peralatan dan bahan untuk membuat motif dengan teknik tie dye pada jilbab (3) Kurangnya keterampilan dalam menerapkan teknik tie dye untuk membuat motif pada jilbab segi empat. Solusi yang ditawarkan kepada mitra tersebut adalah: (1) Memberikan pengetahuan tentang tie dye pada pelengkap busana (2) Memperkenalkan dan mempraktekkan peralatan dan bahan untuk teknik tie dye yang akan dipraktekkan pada jilbab segi empat (3) Memberikan keterampilan teknik membuat motif tie dye untuk hiasan dan modifikasi pada jilbab segi empat. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, demonstrasi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai dari PKM ini adalah: (1) Mitra sudah memahami tentang teknik tie dye (2) Mitra sudah bisa mempraktekkan peralatan dan bahan untuk membuat motif tie dye pada jilbab segi empat (3). Mitra sudah terampil dalam membuat motif tie dye pada jibab segi empat dengan berbagai motif dan modifikasi 5. Hasil dari penerapan teknik tie dye pada bahan jilbab segiempat kepada peserta pelatihan sudah dapat dijadikan contoh pada remaja lainnya untuk dipergunakan sebagai hijab. 6. Hasil akhir dari penerapan tie dye ini pada remaja putri dikategorikan cukup baik dan masih perlu mengasah kemampuan dan latihan untuk memperlancar dalam menggunakan peralatan dan bahan dalam
Kata kunci: Teknik tie dye, Jilbab segi empat
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Dwi, B. (2020). Mengenal-Karya-Ilmiah-Pengantar-Kuliah-Pki. 2.
Laudon, K. C., dan Laudon, J. P. 2006. Management Information Systems, Managingthe Digital Firm, 10th Edition, Prentice Hall.
Muningsih, Elly., Marifati, Imam Soleh. Handayani. 2020. Pelatihan Microsoft Word untuk Pengurus Pondok Modern Az-Zahra Al-Gontory Purwokerto. Laporan Pengabdian Masyarakat.
Safaruddin, S; Nurhastuti, N; Zulmiyetri, Z. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Kencana.
Sumardi, H. (2011). Karya Ilmiah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Staffnew.Uny.Ac.Id, 1, 11.
Sutiono. (2021). mutu Pendidikan adalah guru . Guru didalam sejarah perkembangan bangsa penting . Dengan demikian tingkat kompetensi profesi seseorang itu tergantung Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan , dengan. 4(20), 16–25.
Syahputra, Rian., Buulolo, Efori., & Hutabarat, Hukendik. 2021. Pelatihan Mail Merge Pada Madrasah Aliyah Swasta (Mas) Amaliyah. Jurnal Abdimas Budi Darma. (2), (1): 66 - 68
Taufiqurrahman. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. https://ntb.kemenag.go.id/baca/1615254480/kompetensi-profesionalisme-guru
Article Metrics
Abstract view : 32 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.