Pelatihan Teknik Dasar Futsal pada Siswa SMA Negeri 1 Sinjai

M. Adam Mappaompo(1*), Andi Rizal(2), juhanis juhanis(3), Poppy Elisano Arfanda(4), Ians Aprilo(5),

(1) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pengabdian kepada masyarakat ini di laksanakan dalam bentuk pelatihan teknik dasar permainan Futsal pada siswa SMA Negeri 1 Sinjai.Kegiatan ini bertujuan untuk: (1) Mengajari anak-anak SMA Negeri 1 Sinjai dasar-dasar bermain futsal. (2). Agar siswa memahami pentingnya memahami metode bermain futsal, penting untuk mengukur kegembiraan dan respons mereka sepanjang pelatihan. (3). untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa saat mengikuti program. (4). Untuk mengetahui adanya modifikasi kemampuan siswa SMA Negeri 1 Sinjai dalam mengikuti latihan teknik dasar futsal.Kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini dibagi atas dua kegiatan yaitu : (1) kegiatan penjelasan secara teori dilakukan selama satu hari yaitu menjelaskan cara pelaksanaan teknik dalam permainan Futsal dan (2) kegiatan praktek, dilakukan selama 5 hari. mempraktekkan secara langsung bentuk teknik Futsal.Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa  (1). Peserta dapat menerima informasi dengan antusias dan keterbukaan yang besar, sehingga dapat dicerna dengan baik oleh siswa dan dipraktekkan dengan semangat yang cukup. (2). Terjadi peningkatan yang signifikan pada pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai futsal, khususnya pada gerakan-gerakan dasar yang dinilai sangat bermanfaat bagi mereka. (3) Meningkatkan kemampuan siswa SMA Negeri 1 Sinjai dalam melakukan gerak teknik dasar permainan futsal. (4) Peserta memahami bahwa informasi yang diberikan dapat memperluas pengetahuannya sehingga sangat membantu mereka untuk dapat meningkatkan prestasi siswa  khususnya dalam permainan Futsal.

Kata kunci: Teknik Dasar, Permainan Futsal.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sudirman dan Ilham Kamaruddin. (2022). PKM TEKNIK DAN STRATEGI FUTSAL MODERN Oleh. 20(1), 105–123.

Usman, A., Mappaompo, A., Wasit, A., Permainan, L., Permainan, L., & Gol, C. M. (2019). Pelatihan peraturan perwasitan futsal bagi siswa MAN 1 Sinjai. Pelatihan Peraturan Perwasitan Futsal Bagi SiswaMAN 1 Sinjai, 146–148.

Wijaya Kusuma, I. D. M. A. (2021). Teknik yang paling dominan pada pertandingan futsal putra profesional. Jurnal Keolahragaan, 9(1), 18–25. https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.31853

Yoga Dwi Sumantoro Pamungkas. (2013). TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BERMAIN FUTSAL PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA DAN SMK YAYASAN PIRI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi, May, 106.

Lhaksana, J. (2011). Taktik dan Strategi Futsal Modern. Jakarta: BE CHAMPION


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.