Penggunaan Matlab Sebagai Alat Bantu dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Guru SMP di Kabupaten Takalar

Maya Sari Wahyuni(1*), Muhammad Abdy(2), Rosidah Rosidah(3),

(1) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pemanfaatan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran bertujuan untuk merangsang minat, pikiran dan pemahaman. Penggunaan software dalam menunjang proses pembelajaran di kelas masih kurang digunakan khususnya software dalam pembelajaran matematika. Tujuan penggunaan software dalam pembelajaran matematika  adalah untuk membantu peserta didik agar bisa lebih memahami materi matematika terutama materi seperti visualisasi grafik dan persamaan linier. Terdapat beberapa software yang digunakan pada pembelajaran matematika salah satunya adalah Matlab. Matlab (Matriks Laboratory) merupakan suatu software pemrograman perhitungan dan analisis yang banyak digunakan dalam area penerapan matematika. Dengan matlab, maka perhitungan matematis yang rumit dapat diimplementasikan dalam program dengan lebih mudah dan dibuat berdasarkan vektor-vektor dan matrik-matrik. Matlab digunakan pada studi aljabar linier, diferensial dan juga untuk integrasi numerik. Matlab memiliki perangkat grafik yang powerful dan dapat membuat gambar-gambar dalam 2D dan 3D. Pelaksanaan kegiatan PKM berfokus kepada pelatihan penggunaan MatLab sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika, yang terbagi atas tiga sesi latihan terhadap materi yang telah diberikan pada setiap akhir pertemuan. Pelaksanaan PKM  di pusatkan di SMP Negeri 2 Takalar. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan penggunaan MatLab.

Kata Kunci: Program Aplikasi, MatLab, Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anshori, Shodiq. 2017. Pemanfaatan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya. 2(1): 10-20.

Aziz, Azwar. 2015. Strategi Persaingan Operator Telekomunikasi Seluler. Buletin Pos dan Telekomunikasi. 13(1): 23-36.

Dewi, Suci Zakiah. & Hilman, Irfan. 2018. Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education. 2(2): 49-53.

Fonna, Nurdianita. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Jakara: Guepedia Publisher.

Gora, W., & Sunarto. (2010). Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Milah, Amelia Muhibatul dkk. 2022. Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. Mathematics Education on Research Publication. 12(1): 73-79.

Mualim, Imam. 2020. Sistem Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). Jurnal Sienna. 1(2): 81-87.

Nurdyansyah, N., & Aini, Q. (2017). Peran Teknologi Pendidikan pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III di MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1(1): 124-140.

Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.