Pelatihan Asesmen Diagnostik Non Kognitif Guru Bimbingan dan Konseling

Abdullah Sinring(1*), Akhmad Harum(2), Muhammad Anas(3), Suciani Latif(4), Zulfikri Zulfikri(5),

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(5) Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak-Hasil Survey di lokasi mitra PKM menunjukkan permasalahan dalam pemahaman dan pengumpulan data terkait kebutuhan siswa dan lingkungan yaitu Pengembangan dan penggunaan asesmen diagnostic non kognitif yang sebenarnya masih sangat jarang digunakan atau bahkan tidak pernah digunakan. Sehinga mengharapkan di Forum MGBK, ABKIN sebagai wadah diskusi dan penguatan kapasitas dapat memfasilitasi dalam bentuk kegiatan. Adapun tujuan di selenggrakan pelatihan asesmen diagnostic non Kognitif bagi guru BK di Provinsi Sulawesi Barat sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mengumpulkan data terkait kebutuahn siswa dan lingkungannya. Pelatihan diberikan mulai dari bagaimana mengenal mengenal konsep asesmen diagnostic non Kognitif, mengenal jenis-jenis asesmen diagnostic non Kognitif, prosedur mengembangan asesmen, dan uji coba melaksanakan asesmen diagnostic non kogntif dan selanjutnya pelatihan ini akan didampingi tim PKM.Berdasarkan tujuan dan target yang akan dicapai dan hasil identifikasi serta observasi yang dilakukan pada Guru BK yang tergabung pada organisasi ABKIN dan MGBK Baik tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA sederajat Provinsi Sulawesi Barat. Metode PKM dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan metode ceramah, diskusi dan simulasi menggunakan jenis asesmen diagnostic non kognitif. menunjukkan bahwa 20 orang (80%) guru BK mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kompetensi atau kapasitas sebagai guru dalam melaksanakan Layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. 5 orang (20%) guru BK mengatakan pelatihan ini bermanfaat bagi peningkatan kapasitas guru BK dalam menunjukkan keprofesionalan sebagai guru Bimbingan dan Konseling. Peserta PKM ini terdiri dari berbagai jenjang Pendidikan yakni SMP/Mts, SMA/SMK Kabupaten Majene. Pada pelatihan ini jumlah guru BK yang ikut pada Jenjang SMA/SMK/MAN sederajat yakni 12 sekolah dan Jenjang SMP/MTs sebanyak 13 Sekolah. pelatihan ini tidak hanya memenuhi ekspektasi guru BK tetapi juga berhasil meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan diri mereka dalam melaksanakan asesmen diagnostik non kognitif, yang pada akhirnya akan mendukung peningkatan kualitas layanan bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah di Kabupaten Majene..

Kata kunci: Permasalahan, Pengembangan dan penggunaan, Asesmen diagnostik, Non kognitif, Lingkungan, Forum MGBK

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardimen, & Zuwirda. (2015). Implementasi Program Musyawarah Guru Bk (Mgbk) Sltp Kabupaten Lima Puluh Kota. Prosiding: Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Dan Konsorsium Keilmuan Bk Di Ptki Batusangkar (Pp. 46-61). Batusangkar, Sumatera Barat: Ptki Batusangkar.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Famukhit, M. L. (2020). Pelatihan Desain Promosi Usaha Menggunakan Canva Pada Smk Diponegoro Tulakan Kabupaten Pacitan. Journal Of Social Empowerment, 5(1), 1-5.

Gehred, A. P. (2021). Canva. Journal Of The Medical Library Association, 109(1), 338-340.

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan Dan Konseling . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hati, S. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Melakukan Assesment Diagnostik Non Kognitif Siswa Kelas 12 Ips Lintas Minat Di Sma Yphb Kota Bogor. Arus Jurnal Pendidikan, 1(3), 70-76.

Orui, M., Fukasawa, M., Horikoshi, N., Suzuki, Y., & Kawakami, N. (2021). The Ongoing Activities Of Livelihood Support Counselors Following Nuclear Disaster Under The Covid-19 Restrictions: A Preliminary. Public Health In Practice, November(2021), 100107.

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (Jpmm), 1(1), 42-51.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Sholeh, M., Rachmawati1, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436.

Smaldino, S., Lowther, D., & Mims, C. &. (2019). Instructional Technology And Media For Learning, 12th Edition. Amerika Serikat: Eastern Connecticut State University.

Sulistyowati, M. D. (2018). Pengelolaan Mgbk Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Bimbingan Dan Konseling Sma/Ma. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 169-176.

Winkel, W. (2012). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yundayani, A., Susilawati, & Chairunnisa. (2019). Investigating The Effectof Canva On Students’ Writing Skills. English Review: Journal Of English Education, 7(2), 169-176.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.