Penerapan perangkat Lunak ITEMAN untuk Mengukur Karakteristik Butir Soal

Syahrul Syahrul(1*), Ruslan Ruslan(2), Patahuddin Patahuddin(3), Iwan Suhardi(4),

(1) Prodi S2 PEP Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi S2 PEP Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi S2 PEP Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi S2 PEP Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Sering sekali bahwa suatu paket tes terlihat valid bila hanya melihat bentuk soal yang tampak di luarnya. Namun, secara statistik, banyak hal yang harus diusahakan agar paket soal tersebut memang baik secara keseluruhan, misalnya apakah tingkat kesulitannya sudah memenuhi, apakah daya bedanya sudah memenuhi, apakah pengecohnya sudah berfungsi, dan lain-lain. Semua pertanyaan tersebut baru bisa menemukan solusi bila sudah diujikan secara statistik. Belum banyak guru yang memahami bagaimana caranya mengerahui karakteristik butir setiap butir soal dalam suatu paket soal. Salah satu aplikasi yang handal namun bersifat free yaitu ITEMAN. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan analisis butir soal. Mitra pengabdian yaitu para guru SMK N 1 Majene di Provinsi Sulawesi Barat. Dari analisis situasi didapatkan bahwa mitra mempunyai permasalahan pada aspek pengetahuan, yaitu belum mengetahui bagaimana prosedur strategi dalam menganalisis butir soal. Pada aspek praktik, mitra pengabdian belum mempunyai keterampilan mengaplikasikan perangkat lunak untuk mengukur indeks kesukaran butir soal. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengusul yaitu peningkatan aspek praktik dengan memberikan pelatihan perangkat lunak ITEMAN untuk menganalisis butir soal. Metode yang digunakan yaitu pendekatan partisipatoris yang melibatkan guru-guru kelompok mitra sekolah. Evaluasi setiap tahap dilakukan untuk menjamin setiap bagian berjalan dengan baik. Evaluasi secara umum dilakukan untuk melihat tingkat pengetahuan dan praktik mitra, sehingga dapat diyakinkan bahwa program tersebut terus berlanjut walaupun kegiatan pengabdian telah selesai dilaksanakan. Target yang diharapkan yaitu mitra mendapatkan bekal pemahaman dan keterampilan yang dapat digunakan secara mandiri untuk menentukan karakteristik butir soal pada suatu paket soal. Target capaian jenis luaran yang diharapkan yaitu adanya (1) publikasi ilmiah di jurnal/prosiding, (2) publikasi di media masa (cetak/elektronik), (3) peningkatan kuantitas dan kualitas produk, dan (4) peningkatan pemahaman dan keterampilan mitra. 

Kata Kunci : analisis butir soal; validitas tes; ITEMAN.


Full Text:

PDF

References


Allen, Mary. J., dan Yen, Wendy, M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey: Cole Publishing Company.

Azwar, Saifudin. (1997). Reliabilitas dan validitas. (edisi ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifudin. (2015). Konstruksi tes kemampuan kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahrul Hayat, Sumarna, & Suprananto disunting oleh Jahja Umar & Herwindo Ariwibowo. (1997). Pedoman penggunaan ITEMAN [Manual Item and Test Analysis (ITEMAN)). Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian, Balitbang Dikbud. 1997.

Ebel, Robert L. (1972). Essential of educational measurement and evaluating in education and psycology. New York: Holt, Rine hart, and Winston. Inc.

Fernandes, H.J.X. (1984). Testing and measurement. Jakarta: Nasional Education Planing Evaluation and Curriculum Development.

Feldt, L. S. & Brennan, R. L. (1989). Reliability. dalam Linn R. L. (Eds.), Educational measurement, Third Edition. (pp. 105-146). New York: McMillan.

Gronlund, Norman E. (1981). Measurement and evaluating in teaching. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Mardapi, Djemari. (1998). Analisis butir soal dengan teori tes klasik dan teori respons butir. Jurnal kependidikan. Edisi khusus Dies-tahun XXVIII.

Mehrens, W. A. & Lehman, I. J. (1973). Measuement and evaluation in education and psycology. New York: Holt, Rinehart, and Winston , Inc.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.