Pelatihan Merias Wajah Cikatri Di Pamboang Sulwesi Barat

Izmi Burhanuddin(1*), Syamsidah Syamsidah(2), Israwati Hamsar(3),

(1) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Mitra Program Kemitraan Masyarakat ( PKM ) Ini adalah Ibu – Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Lalampanua Kabupaten Majene Sulawesi Barat . Adapun Masalah yang dihadapi adalah (1) Mitra belum memiliki pengetahuan/keterampilan bagaimana cara merias wajah cikatri yang baik dan benar, (2) Mitra belum memiliki pengetahuan mengenal alat merias wajah cikatri, (3) Mitra belum memiliki keterampilan dalam hal mengenal bahan dalam merias wajah cikatri, (4) Mitra belum memiliki keterampilan dalam hal mengenal macam - macam kosmetik dalam merias wajah cikatri, (5) Mitra belum memiliki pengetahuan/keterampilan bagaimana cara merias wajah cikatri yang baik dan benar sekaligus bisa sebagai dasar untuk usaha baru. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, refleksi, Tanya jawab, mitra pendamping. Hasil yang dicapai dari PKM ini adalah : (1) Mitra memahami pengetahuan/keterampilan cara merias wajah cikatri yang baik dan benar, (2) Mitra sudah mengetahui pengetahuan alat dalam merias wajah cikatri. (3) mitra memiliki keterampilan dalam hal pengenalan bahan dalam merias wajah cikatri. (4) mitra memiliki keterampilan dalam hal pengenalan macam – macam kosmetik dalam merias wajah cikatri. (5) Mitra sudah memiliki kemampuan pengetahuan/keterampilan cara merias wajah cikatri yang baik dan benar yang dijadikan sebagai usaha baru.

Kata kunci: Merias Wajah, Ibu Rumah Tangga,Cikatri.


Full Text:

PDF

References


Apsari, D.A.S. 2003. Tata Rias Wajah Cikatri dan Geriatrik. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional

Albiero, V., Zhang, K., King, M. C., & Bowyer, K. W. (2021). Gendered Differences in Face Recognition Accuracy Explained by Hairstyles , Makeup , and Facial Morphology. In IEEE Transactions on Transactions on Information Forensics and Security (pp. 1–11). https://doi.org/10.1109/TIFS.2021.3135750

Azizah, N., & Megasari, D. S. (2020). Hasil Tata Rias Wajah Pesta Menggunakan Higlighter Powder dan dan Higlighter Airbrush. E-Jurnal, 9(2), 197–203.

Bent, S. A. S. Van Der, Rauwerdink, D., & Oyen, E. M. M. (2021). Complications of tattoos and permanent makeup : overview and analysis of 308 cases. Journal Cosmet Dermatol, 20, 3630–3641. https://doi.org/10.1111/jocd.14498

Deng, H., Han, C., Cai, H., Han, G., & He, S. (2021). Spatially-invariant Style-codes Controlled Makeup Transfer. In Proceedings of IEEE Xplore (pp. 6549–6557)

Fajria Sri Wulandari, & Maspiyah. (2020). Tata Rias Wajah Cikatri Untuk Kelainan Port-Wine Stain Pada Pengantin Muslim. E-Jurnal, 9(1), 126–135.

Ikrana Rodhatul Firdaus, & Maspiyah. (2020). Kajian Prosedur dan Hasil Tata Rias Wajah Panggung Pada Penari Jaran Ngincik Di Sanggar Tari Lamongan. E-Jurnal, 9(2), 495–502.


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.