PKM Pelatihan Dirigen Lagu Wajib Nasional Bagi Kelompok Guru Di Kabupaten Majene

Hikmawati Usman(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Nasaruddin Nasaruddin(3),

(1) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Salah satu masalah yang mendasar dihadapi oleh guru di sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan seni atau mata Pelajaran SBDP adalah mengenai metode pengajaran, sehingga para siswanya menganggap bahwa penerimaan terhadap mata Pelajaran SBDP masih dianggap kurang. Selain itu kendala utamanya yang dihadapi oleh para siswanya terhadap mata Pelajaran SBDP adalah karena disekolah tersebut hanya diasuh oleh satu orang pengajar yang spesialis pada mata Pelajaran seni budaya dan prakarya, sehingga mata Pelajaran tidak berjalan efektif.Pelaksanan kegiatan dengan metode ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension). Dalam pelaksanan kegiatan dengan metode ICARE diselingi dengan metode yang bervariasi antara lain, ceramah, tanya jawab dan berdiksusi yang digunakan pada saat penyaajian materi-materi yang berbentuk pengethuan dan pemahaman teori-teori dasar dalam musik. Metode penugasan paling dominan dalam pelatihan ini yaitu peserta membuat produk yaitu praktek dinamika dalam bermusik.Faktor pendukung yang paling dominan dalam pelatihan ini adalah minat peserta pengabdian masyarakat yang sangat tinggi untuk mengikuti pelatihan dan implementasi materi karena sangat bermanfaat jika pada suatu saat peserta mendapatkan Amanah didalam memandu atau bertindak sebagai dirigen. Hal ini disebabkan oleh rasa keingintahuan mereka terhadap materi yang disajikan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melatih dirigen lagu wajib nasional dalam memandu sebuah lagu. Hal ini ditunjukkan dengan kehadiran seluruh peserta sebanyak 20 orang guru dari KKG Kabupaten Majene. Aktivitas peserta dalam diskusi, melakukan aktivitas membaca notasi lagu serta secara berulang-ulang melakukan praktik pelatihan dirigen lagu wajib nasional. Kegiatan berlangsung sangat komunikatif sehingga sebesar 75% peserta pelatihan telah mampu memperlihatkan peningkatan yang signifikan. sehingga yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian menjadikan nilai kepraktisan yang tinggi untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Kata kunci: Pelatihan Dirigen, SBDP, ICARE.


Full Text:

PDF

References


Desyandri. 2014. Peran Seni Musik Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 2 No 1. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2613

Fatkhurohman, Ali, 2017. Bentuk Musik dan Fungsi Kesenian Jamjaneng Grup “Sekar Arum” di desa Panjer Kabupaten Kebumen. Jurnal Seni Musik. Vol 6 No.1 https://journal.unnes.ac.id/siu/index.php/jsm

Halimah, Lely. 20. Musik Dalam Pembelajaran. Eduhumaniora. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 2. No. 2. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2763

Herdinasari, Trias radika dan Totok Sumaryanto. 2013. Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Membaca Notasi Musik Balok Melalui Media Pembelajaran Sibelius pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 4 Unggaran. Jurnal Seni Musik. Volume 2 No. 2. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm

Prehanto, Dedy Rahman dan Hendry Setiawan. 2015. Rancang Bangun Ensiklopedia Digital Seni Budaya Indoensia Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika. Volume 04 No.1. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/12106

Usman, Hikmawati dan Nasaruddin. 2019. Pengajaran Musik Bambu (Angklung) dalam Pembelajaran Seni Musik. Jurnal Dedikasi. Volume 21 No. 1 https://ojs.unm.ac.id/dedikasi/index


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.