PKM Pembelajaran IPA Fisika dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis KIT Bagi Guru MGMP IPA Wilayah 3 Polman

Muhammad Arsyad(1*), Husain Husain(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA
(2) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA
(3) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Keterampilan proses sains perlu dilatih kepada peserta didik untuk menjelajahi dan memahami alam sekitar. Pembelajaran IPA seharusnya melatih keterampilan proses sain untuk mengembangkan keterampilan observasi, merencanakan penyelidikan, menginterpretasi data, dan menyimpulkan. Pemanfaatan KIT IPA yang tersedia, para Peserta Didik dapat berhadapan secara langsung dengan alat-alat IPA. Alat-alat ini memberikan manfaat besar bagi Peserta Didik, karena secara langsung dapat mengamati dan melakukan sendiri dalam proses pembelajarannya. Untuk mengantisipasi kesulitan yang dialami guru, maka diperlukan terobosan kegiatan dengan melibatkan Tim Dosen dari Prodi S2 Pendidikan Fisika PPs UNM Makassar dengan judul PKM Pembelajaran IPA Fisika dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis KIT Bagi Guru MGMP IPA Wilayah 3 Polman. Metode yang akan digunakan berupa, a) metode pelatihan, digunakan untuk memberikan bimbingan/penjelasan tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan, b) metode pemberian tugas, digunakan untuk memberikan tugas kepada guru untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan topic/KD yang dibahas, c) metode diskusi, digunakan untuk memecahkan hal-hal yang kurang dipahami peserta sehubungan dengan pokok bahasan yang dibuat LKPD-nya, d) metode problem solving dengan pendekatan belajar tuntas, digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada untuk dikerjakan di rumah. MGMP IPA Wilayah III Polman sebagai mitra dalam kegiatan ini yaitu menyediakan tempat dan sumber daya manusia yang siap untuk mengikuti pelatihan, menyiapkan sarana dan prasarana, Upaya keberlanjutan program pengabdian masyarakat ini diwujudkan dengan menjadikan mitra sebagai binaan dalam bidang pendidikan. Sebagai sasaran umum adalah kegiatan pengaplikasian LKPD berbasis KIT dalam pembelajaran IPA Fisika. Luaran akhir yang diharapkan dari kegiatan ini adalah a) bahan ajar, b) LKPD, c) artikel ilmiah, d) video dan e) HKI.

Kata Kunci : Rangkaian Listrik, KIT, MGMP


Full Text:

PDF

References


Anderson & Krathwohl., 2001. A Taxonomy for Learning Teaching, Teaching and Assessing: Addison Wesley

Arsyad, M., Helmi, dan Khaeruddin., 2019., PKM bagi Guru IPA Fisika se Kabupaten Maros., Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat., Vol. 2019 (2)., UNM Makassar.

Dimyati dan Mudjiono., 2006., Belajar dan Pembelajaran., PT. Rineka Cipta: Jakarta

Hamalik., O., 2009., Sistem Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan., Bumi Aksara: Jakarta

Kaharuddin, Muhammad Arsyad, dan Helmi, 2018., Penguatan MGMP dalam membuat Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)., Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat., p: 448-450., UNM Makassar

Kasali, R., 2017.; Distruption., Cetakan kedua., PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Mulyasa, 2013, Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Penerbit Rosdakarya: Bandung

Prastowo, A. 2014. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Yogyakarta: Diva Press.

Putra, S. 2013. Desain Belajar Mengajar Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Rofiah, N. H. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis KIT untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar IPA di SD/MI. Al-Hidayah.

Sagala, S., 2017., Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecah- kan Problematika Belajar dan Mengajar., Cetakan ke-13., Penerbit Alfabeta: Bandung

Semiawan, C, et al., 1985., Pendekatan Keterampilan Proses., Jakarta : Gramedia.

Sukarno, et al., 1981., Dasar-Dasar Pendidikan Sains., Jakarta : Bhratara Karya Aksara.

Suriasumantri, S. Jujun (Ed)., 1985., Ilmu dalam Perspektif., Cetakan keenam., Jakarta : Gramedia.

Sutikno, M. S. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica

Suwarto. 2010. Dimensi Pengetahuan dan Dimensi Proses Kognitif dalam Pendidikan. Widyatama, 19(1).

Trianto., 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif dan Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.