WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE DI SMKN 1 MAKASSAR

Syamsumar Bustamin(1*), Ika Triwati(2), Irmayani Irmayani(3),

(1) Program Studi Mesin Otomotif, Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo
(2) Program Studi Teknik Sipil, Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo
(3) Program Studi Teknik Sipil, Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Guru SMKN 1 Makassar. Permasalahan yang dihadapi adalah : (1) Proses belajar mengajar masih terpaku pada ruang kelas dan waktu, (2) Proses belajar dilakukan tatap muka di kelas berdasarkan jadwal yang sudah diberikan dan dilakukan di area sekolah, (3) Interaksi antara guru dan murid masih terbatas, (4) Siswa siswi juga sudah menggunakan jejaring sosial namun belum menggunakannya sebagai media pembelajaran yang membantu berinteraksi diluar jam sekolah dengan guru maupun teman dalam hal proses belajar. Sasaran eksternal adalah para pengajar mendapatkan media pembelajaran untuk siswa dan pelajar dapat memahami materi dengan lebih baik menggunakan audio visual dalam aplikasi. Hasil yang dicapai adalah (1) Para pengajar mendapatkan inovasi dari media pembelajaran untuk siswa, (2) Para pelajar khususnya memahami materi dengan lebih baik menggunakan audio visual dalam aplikasi.

 

Kata kunci: inovasi, media pembelajaran, adobe animate, aplikasi, teknologi


Full Text:

PDF

References


Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Sagala, H. S. (2008). Dukungan dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan Khususnya di Sekolah. Generasi Kampus, 1(2).

Safi’i, I., & Handoko, F. (2015). Kualitas Pelayanan Di Tinjau Dari Prestasi Akademik Mahasiswa Studi Kasus Pada Universitas Kadiri. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 1(2), 22-27.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., ... & Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

Abstract view : 135 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.