PKM PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN KUE TRADISIONAL SUBSTITUSI TEMPE UNTUK PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA

Andi Hudiah(1*), Slamet Widodo(2), Gawarti Gawarti(3),

(1) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Masyarakt (PKM) ini adalah Keluraran Lammpanua Terletak di Kecamatan Pamboang kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Masalahnya adalah: (1) Mitra belum memiliki pengetahuan/keterampilan bagaimana cara membuat kue tradisional subtitusi tempe dengan baik dan benar. (2) Mitra belum memiliki pengetahuan/keterampilan bagaimana cara mengemas kue tradisional subtitusi tempe sehingga bisa menarik dan bisa dijual disupermarket atau semacamnya. (3) Mitra belum memiliki pengetahuan yang memadai untuk bisa membuat perencanaan penjualan hasil pembuatan kue tradisional subtitusi tempe yang sudah dikemas. Metode  yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek secara langsung membuat olahan tempe non lauk dan membuat rencana penjualan olahan tempe non lauk. Berdasarkan hasil PKM ini menunjukkan bahwa: 1). Mitra sudah mengetahui cara membuat kue tradisional subtitusi tempe, 2). Mitra sudah bisa mengemas kue tradisional subtitusi tempe sehingga bisa menarik dan bisa dijual di  supermarket atau semacamnya, dan 3). Mitra sudah bisa membuat perencanaan penjualan hasil pembuatan kue tradisional subtitusi tempe yang sudah dikemas.

 

Kata Kunci : Kelompok petani, Kue Tradisional Subtitusi Tempe, PKM


Full Text:

PDF

References


Hariadi, A. 2016. Pengembangan Bakso Ikan dalam Peningkatan Kesehatan Masyarakat PeKeluaranan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Indnesia vol 56 halaman 23-29.

Nariati S. 2017. Cara Mambuat Puding. Penebar Semangat. Bandung: Penebar Semangat.

Koesyarto C. 2016. Peningkatan mutu gizi dengan penambahan tempe. Jurnal Pangan dan Gizi Vol 112 Hal 56-61.

Pribadi, F, J,., dan Ferdinan, A, M. 2007. Manajemen Usaha UMKM. Malang: Bayumedia Publishing.

Santosa, H,B. 2021. Resep Kreatif Olahan Tempe.Yogyakarta: CV. Andi Offset.


Article Metrics

Abstract view : 92 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.