Pengenalan Bebras Challenge untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking (CT) pada Siswa SMP Negeri 3 Minasatene Kabupaten Pangkep

Nurul Mukhlisa Abdal(1*), Irwansyah Suwahyu(2), Muhammad Asriadi(3), Wirawan Setialaksana(4), Ridwan Daud Mahande(5),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. PKM ini tentang Pengenalan Bebras Challenge Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking (CT) Pada Siswa SMP Negeri 3 Minasatene Kabupaten Pangkep. Permasalahan dihadapi mitra adalah sebagai berikut (1) Siswa Sekolah Dasar di lingkup SMP Negeri 3 Minasatene Kabupaten Pangkep belum menguasai Kemampuan Computational Thinking ditandai dengan belum adanya siswa yang berhasil memenuhi nilai ketuntasan, yaitu 50; (2) siswa dan guru di Kabupaten Pangkep belum mengenal kegiatan Bebras Challenge yang merupakan kompetisi nasional Computational Thinking, (3) siswa dan guru di lingkup SMP Negeri 3 Minasatene Kabupaten Pangkep belum secara aktif menggalakkan pemanfaatan internet sebagai sarana pembelajaran khususnya pengembangan kemampuan Computational Thinking. Solusi yang ditawarakan pemberian materi tentang peningkatan kemampuan Computational Thinking. Pemateri tentu bukan hanya sekedar memberikan materi sesuai dengan permasalahan di sekolah mitra, tetapi juga memotivasi para guru untuk memanfatkan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Tahap pelaksanaan terdiri atas dua tahap. Tahap pertama, yaitu pengenalan mengenai Tantangan Bebras. Sesi pelatihan yang menitik beratkan pada pengenalan soal-soal Tantangan Bebras dan Computational Thinking. Kedua, sesi pelatihan yang menitik beratkan pada pemberian motivasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Metode pelatihan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan metode latihan/praktek. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa siswa tertarik mempelajari materi Computational Thinking yang tidak membutuhkan siswa menghapal rumus.

 

Kata kunci: Computational thinking, berpikir komputasi, menyelesaikan masalah


Full Text:

PDF

References


Hadad, R., Thomas, K., Kachovska, M., & Yin, Y. (2020). Practicing Formative Assessment for Computational Thinking in Making Environments. Journal of Science Education and Technology, 29(1), 162–173. https://doi.org/10.1007/s10956-019-09796-6

Hsu, T.-C., Chang, S.-C., & Hung, Y.-T. (2018). How to learn and how to teach computational thinking: Suggestions based on a review of the literature. Computers & Education, 126, 296–310. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.004

Korkmaz, Ö., Çakir, R., & Özden, M. Y. (2017). A validity and reliability study of the computational thinking scales (CTS). Computers in Human Behavior, 72, 558–569. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.01.005

Lockwood, J., & Mooney, A. (2018). Computational Thinking in Secondary Education: Where does it fit? A systematic literary review. International Journal of Computer Science Education in Schools, 2(1), 41–60. https://doi.org/10.21585/ijcses.v2i1.26

Tang, Y. M., Chen, P. C., Law, K. M. Y., Wu, C. H., Lau, Y., Guan, J., He, D., & Ho, G. T. S. (2021). Comparative analysis of Student’s live online learning readiness during the coronavirus (COVID-19) pandemic in the higher education sector. Computers & Education, 168, 104211. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104211

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35.


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.