PKM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pada Guru-Guru di Sulawesi Barat

Satria Gunawan Zain(1*), Suhartono Suhartono(2), Muliaty Yantahin(3), Zainuddin Zainuddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan yang dihadapi mitra pada penerapan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah kelompok guru (mitra) tidak memiliki: (1) Pengetahuan tentang mendesain media pembelajaran interaktif, (2) Pengetahuan tentang pembuatan media pembelajaran interaktif, (3) Pengetahuan dalam penerapan media pembelajaran, (4) Keterampilan dalam pembuatan dan penerapan media pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran.

Metode yang digunakan dalam penerapan PKM ini yaitu dengan melakukan observasi, kemudian memberikan pelatihan pembuatan dan penerapan media pembelajaran. Selain itu, Memberikan pengarahan secara umum tentang bagaimana meningkatkan semangat dan motivasi siswa serta guru dalam penerapan media pembelajaran interaktif tersebut dengan metode demonstrasi, tanya jawab, dan diskusi.

Luaran yang dihasilkan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah mitra mampu dan terampil dalam membuat dan penerapan media pembelajaran interaktif. Selain itu luaran tambahan berupa Video kegiatan, Media Online, Laporan akhir, serta jenis publikasi lainnya.

 

Kata Kunci: Guru, Media Pembelajaran, Media Interaktif, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Arda, S. Saehana & Darsikin, 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Siswa SMP Kelas VIII, e-Jurnal Mitra Sains, vol. 3, No. 1.

M. Ali, 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik, Edukasi@Elektro, vol. 5, no. 1, 2009.

Musfqon, 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran, Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Novita, Rini & Syaiful, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. Jurnal Informatika : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu. Vol. 8 No.1

Shalikhah , Norma Dewi. 2017. Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. WARTA LPM, Vol. 20, No. 1, 9-16.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

V. H. Saputra and Permata, 2008. Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang. Wacana Akademika, vol. 2, no. 2, pp. 116-125.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.