PKM Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik bagi Kelompok KKG SD Kabupaten Takalar

Rohana Rohana(1*), Syamsiah D.(2), Bhakti Prima Findiga H.(3), Andi Makasau(4), Fathun Fatimah Azahrtah(5), Nurilah Fitrah(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Yokja
(6) Universitas Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu buku teks pegangan guru dan siswa. Bahan ajar berbasis saintifik merupakan bahan ajar yang di dalamnya mengandung tahapan saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. PKM Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar berbasis Saintifik Bagi Kelompok KKG SD Kabuparten Takalar ini bertujuan untuk meningkatan pengetahuan dan kemampuan guru merancang dan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar cetak (buku) yang mempunyai karakteristik pendekatan saintifik, menuntut adanya pemerataan sistem khususnya dalam meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran seperti perangkat pembelajaran. Pengadaan perangkat pembelajaran yang berkarakteristik merdeka belajar , hal ini merupakan suatu tuntutan kurikulum yang harus segera dipenuhi. Metode yang digunakan dalam PKM ini workshop dan pelatihan  pengembangan dengan model yang sesasui dengan kebutuhan yaitu Model Hannafin dan Peck. PKM ini dihadiri oleh 25 orang guru KKG SD Kabupaten Takalar , Desa Galesong, PKM  ini menghasilkan draft produk bahan ajar cetak dan artikel yang di publikasikan . Kesimpulan dari hasil PKM ini yang didapat bahwa PKM berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi penambahan pengetahuan bagi guru KKG SD untuk merancang dan membuat serta menghasilkan bahan ajar cetak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

 

 Kata kunci : Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik, KKG SD, Takalar


Full Text:

PDF

References


Asih Theffidy, S. G. (2020). Guru Di Era Revolusi Industri 4

Chaeruman, Uwes Anis. (2017). PEDATI, Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Direktorat Pembelajaran Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kemdikbud. 2013. Salinan Permendikbud Nomor 81 Tahun 2013. http://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/permendikbud-nomor- 81-tahun-2013-tentang-pendirian satuan-pendidikan-nonformal.pdf.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosda.

Rohana, 2021. PKM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Di Kelas Awal Bagi Guru SD

Santoso, D. H., & Santosa, A. (2020). COVID-19 DALAM RAGAM TINJAUAN PERSPEKTIF (D. H. Santoro (ed.)). MBridge Press.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/3851/2182


Article Metrics

Abstract view : 138 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.