PKM Pelatihan Membuat Media Interaktif Powtoon bagi Guru KKGI MI Tana Toraja

Rohana Rohana(1*), Muhammad Irfan(2), Rahmawati Patta(3), Fatun Fatimah Azahrah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Yokja
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang implementasi.  media interaktif Powtoon berbasis IT untuk pada kelompok Guru KKGI MI Tana Toraja untuk diberikan pelatihan dan pendampingan kepada peserta untuk mengembangkan media Interaktif Powtoon yang dapat dimanfaatkan dalam semua level kelas, Pelatihan ini menggunakan metode in Drill Practice dan workshop. Adapun yang menjadi sasaran dalam pelatihan adalah guru-guru pada kelompok Guru KKGI MI Tana Toraja di Tana Toraja Pada Pesantren Muhammadiyah Ge’tengan Tana Toraja. Pelatihan dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan mempersiapkan bahan dan alat, tahap pelaksanaan merancang media interaktif Powtoon, presentasi dan demonstrasi baik secara mandiri maupun berkelompok. Dalam pelatihan,Guru guru  dibantu mulai dari merancang pembuatan media sampai cara penggunaanya. Evaluasi dari kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah simulasi media interaktif Powtoon. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah berjalan efektif, hasil pengamatan selama pelatihan berlangsung nampak bahwa, sekitar 97% peserta pelatihan memperlihatkan keseriusan dan antusias mengikuti selama pelatihan berlangsung. Hal tersebut terlihat bahwa peserta pelatihan sudah memahami pembuatan media interaktif Powtoon berbasis IT. Kemudian peserta pelatihan sudah memahami cara memilih bahan atau materi yang dapat dijadikan sebagai media interaktif  Powtoon berbasis IT, dan  menguasai cara mengimpilimentasikan Media interaktif Powtoon berbasis IT yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Intraktif Powtoon berbasis IT

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual PowtoonPada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan PendidikanMatematika, 5(2), 40–50.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran(20th ed.). Rajawali Pers.

----------- (2019). Media Pembelajaran Edisi Revisi Cetakan Ke 21. Depok: Rajagrafindo Persada.

(8) (PDF) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.

Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimedia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDNegeri 58 Lubuklinggau. Journal Of Elementary School (JOES), 3, 120 128.Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31539/Joes.V3i2.1897

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi PadaPembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.

(8) (PDF) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.

https://www.researchgate.net/publication/355589758_Pengembangan_Multimedia_Interaktif_Berbasis_Powtoon_pada_Pembelajaran_Tematik_di_Sekolah_DasarRohana

Rohana dkk. (2021) (IJEST) International Journal Of Elementary School TeacherVol. 1, No. 1, 2021 The Effect of Use Powtoo Learning Media to students Learning Motivation on 3 Grade on Indonesia Subject at Islamic Elementary School Athirah 1 Makassar.

https://www.researchgate.net/publication/353148918_The_Effect_Of_Use_Powtoo_Learning_Media_To_Student_Learning_Motivation_On_3_rd_Grade_On_Indonesia_Subjects_At_Islamic_Elementary_School_Athirah_1_Makassar


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.