PKM Pemanfaatan Layanan Form Builder dalam Proses Pembelajaran E-Learning di SMP Kemala Bhayangkari Makassar

Reski Praja Putra(1*), Indrayani Indrayani(2), Amiruddin Hambali(3), Andi Sukainah(4), Ninik Rahayu Ashadi(5),

(1) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(5) Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pandemik Covid-19 menyebabkan banyak perubahan dalam segi kehidupan, salah satunya di sistem Pendidikan. Selama Pandemik Covid-19, proses pembelajaran baik di tingkat Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Umum (SMU) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Dasar (SD) diwajibkan melakukan sistem pembelajaran secara daring atau online. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran online adalah SMP Kemala Bhayangkari. Namun, sistem pembelajaran online yang dilakukan belum optimal, Sumber Daya Manusia (SDM) atau guru juga belum keseluruhan yang memahami aplikasi sistem pembelajaran online, serta belum ada suatu sistem pembelajaran online yang seragam untuk keseluruhan di sekolah tersebut. Oleh karena itu, kerjasama ini dilakukan dengan mitra untuk mengoptimalkan sistem pembelajaran online di SMP Kemala Bhayangkari dengan melaksanakan pelatihan melalui pemanfaatan layanan aplikasi Google. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan para peserta atau guru di SMK Kemala Bhayangkari mampu mengoptimalkan pemahaman dan pengaplikasian beberapa fitur tambahan pada layanan Google Form dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pemahaman peserta terhadap materi pelatihan berada pada kategori baik (42.8%) bahkan sangat baik (28.6%) dengan materi pelatihan pemanfaatan Form Builder mencapai yang tertinggi, yaitu 85.7%. 

 

Kata kunci: Pandemik Covid-19, Sistem Pembelajaran Online, Aplikasi Google, SMP Kemala Bhayangkari


Full Text:

PDF

References


Darmawan D. 2014. Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pasolong, H. 2013. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.

Pratama, I Pt BY, A. A. Gd Agung, I Dw KTastra. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII B Semester Genap Di SMP Negeri 1 Negara. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, Vol. 2, No. 1.

Puspitasari, BD. 2015. Pengembangan E-learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Paket Keahlian Teknik Mekatronika di SMK. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Zain R, ZA. Ahmad, N. Suyani. 2015. Implementasi, Standar Mutu, dan Penjaminan Mutu E-learning di Perguruan Tinggi. Disampaikan pada Pelatihan Penjaminan Mutu E-learning Universitas Janabadra oleh NCIE (National Consortium for Implementing E-leaning).


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.