PKM Pelatihan Produksi Video Hasil Pengabdian Dosen Pengabdi dan Staf LP2M Makassar

Abd. Aziz Ahmad(1*), Baso Indra Wijaya Aziz(2), Alimuddin Sa'ban Miru(3),

(1) Prodi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa pendampingan kepada para Dosen Pengabdi dan Staf LP2M UNM sebagai bekal keterampilan yang harus dimiliki dalam mengawal perjalanan kegiatan pengabdian baik pada tahun ini dan pada tahun-tahun mendatang. Membuat video tidak sekedar mengumpulkan semua gambar di lokasi pengabdian namun begitu pentingnya bagaimana cara meramu video sehingga dapat menyampaikan informasi dengan jelas, bernilai pengetahuan, dan dapat menginspirasi bagi banyak orang. Tidak hanya bermodalkan alat yang canggih dan keterampilan dalam mengambil gambar yang kini sudah banyak menggunakan ponsel pintar dalam produksi video. Hal yang lebih penting dari itu adalah bagaimana dapat menceritakan pengalaman masyakarat dengan teknik storytelling sehingga dapat menarik perhatian bagi orang yang menyaksikannya. Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, luaran pengabdian masyarakat berupa video hasil pengabdian harus pula dikemas dengan sebaik mungkin sehingga dapat bersaing untuk ditonton masyarakat luas. Hal ini karena video-video hasil pengabdian wajib diunggah oleh Dosen Pengabdi ke media youtube.

Beberapa catatan penting yang harus dilakukan dalam membuat video pengabdian menggunakan pendekatan storytelling dalam bentuk essay video. Mengacu pada ramuan (Ferry Irwandi, 2021), seorang youtuber pendatang baru yang cepat melejit mendapatkan posisi nama dalam youtube tanah air karena keberhasilannya menjadi seorang storyteller dengan beberapa cara yang dilakukannya antara lain antara lain: 1) Belajar mendengar. Jika ingin didengar orang lain maka harus mampu melatih diri untuk mendengarkan orang lain. Dengan mempelajari hal ini kita akan mengetahui apa yang dibutuhkan orang lain dan mengetahui cara bersikap ketika mendengarkan orang lain. 2) Menggunakan bahasa sederhana sebagaimana ungkapan lama yang mengatakan orang pintar adalah mereka yang mampu menjelaskan hal yang rumit dengan cara yang sederhana, sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik. 3) Rumus tiga bagian yaitu membagi penyampaian materi ke dalam 3 bagian yaitu identifikasi masalah, pembahasan masalah, dan kesimpulan.

 

Kata Kunci: pengabdian masyarakat, video, storytelling


Full Text:

PDF

References


Aziz, B. I. W., Arifin, I., & Aziz, B. W. (2019). Analisis Video Tutorial Fotografi Karya Visual Movie Studio (VIMOS). 5.

Ferry Irwandi (Director). (2021). How To Be A Good Storyteller [Video]. In Bedah Storytelling subscribers. https://www.youtube.com/watch?v=vWAsGVdRTv0

Hardiman, Budi. (2015). Seni Memahami. PT Kanisius.

Nasrullah, Rulli. (2018). Komunikasi antarbudaya di era budaya siber. Prenadamedia Group.

Pinisi Magazine. (2022, June). UNM Mengabdi Total di Sulbar, dari Pelatihan Bikin Roti Hingga Penerapan Mesin Parut Kelapa. Bagian Human UNM, 23.

Septiana, Nurmelati. (2008). Pengaruh Model dan Suara Narator Video terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Air Bersih Berbasis Gender. Http://Perpustakaan.Ipb.Ac.Id/. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/10372


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.