PKM Pelatihan dan Pendampingan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru-Guru di SMP Negeri 3 Majene

Hamzah Upu(1*), Muhammad Darwis(2), Agusalim Juhari(3),

(1) Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Patompo
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Implementasi Penelitian bagi guru sambil mengajar hampir menjadi sebuah keniscayaan. Betapa tidak, dengan mengajar sambil mengimplementasikan penelitian, seorang guru memperoleh manfaat ganda. Pertama, guru mengajarkan disiplin ilmunya dan kedua, guru memperoleh informasi atau data di bagian mana suatu pembelajaran yang perlu dibenahi. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah SMPN 3 Majene Kabupaten Majene. Masalah yang dialami oleh sekolah dan guru khususnya di SMPN 3 Majene adalah (1) penulisan karya ilmiah yang relatif jarang dilakukan, membuat pembelajaran yang mereka lakukan hampir tidak pernah dievaluasi/dikaji melalui riset, (2) kurangnya pengetahuan dan antusias guru-guru dalam menulis karya ilmiah, dan (3) Kurangnya pendampingan dan pembimbingan guru-guru dalam membuat karya tulis ilmiah dengan baik dan benar.  Metode yang ditempuh dalam pelaksanaan dan implementasi penelitian (menghasilkan karya Tulis ilmiah) dalam pembelajaran adalah sebagai berikut; (1) Melatih dan membimbing guru menulis proposal sesuai bidang studi masing-masing; (2) Memeriksa dan mengevaluasi proposal yang telah dibuat, apakah layak diteruskan, direvisi, atau kalau perlu dibuat kembali, sehingga mereka benar-benar paham tentang rencana pelaksanaan tersebut. (3) Melatih dan membimbing guru membuat dan mengembangkan instrument, terkait dengan proposal yang telah dibuat (4) Melatih dan membimbing guru memberi bobot dan penilaian serta prediktor terkait dengan instrument yang sudah siap digunakan untuk mengambil data penelitian (5) Melatih dan membimbing guru mengambil/mengumpulkan data dengan menggunakan instrument yang dimaksud pada poin 3) dan 4) di atas; (6) Melatih dan membimbing menganalisis data hasil penelitian, dan (7) Melatih dan membimbing guru membuat laporan akhir hasil penelitian yang mereka lakukan sesuai dengan bidang studi masing-masing. Adapun hasil yang diperoleh melalui pengabdian kepada masyarakat ini, adalah sebagai berikut; (1) guru memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang konsep dasar Karya Tulis Ilmiah dan Pelaksanaan Penelitian, (2) guru memiliki keterampilan menyusun perangkat  pembelajaran dan instrumen Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Kuantitatif, (3) Guru memiliki keterampilan mengumpulkan dan menganlisis Data Hasil Penelitian, (4) Guru memiliki keterampilan melaksanakan dan menyusun laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitain Kuantitatif, (5) secara umum, sebesar 90% guru yang mengikuti pelatihan memahami bagaimana melakukan Penelitian baik PTK maupun Kuantitatif di kelasnya.

 

Kata kunci: Karya Tulis Ilmiah, Penelitian, Pembelajaran, dan Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Sarmadan, & L (2019). Buku Ajar Bahasa Indonesia dan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Wahyudi. (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Universitas Sebelas Maret


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.