PKM Penerapan Sistem Informasi Arsip Surat LP2M UNM

Suhartono Suhartono(1*), Mustari S. Lamada(2), Bakhrani A. Rauf(3), Abd. Akbar Sutiawan(4), Zainuddin Zainuddin(5),

(1) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pendidikan Vokasi Keteknikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan yang dihadapi mitra pada penerapan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah komunitas peternak ayam hias (mitra) tidak memiliki: 1) Pengetahuan dalam mengembangkan sistem informasi manajemen persuratan, 2) Pengetahuan dalam menggunakan aplikasi sistem informasi manajemen persuratan  yang telah dikembangkan, 3) Pengetahuan dalam memelihara aplikasi sistem informasi manajemen arsip persuratan.

Metode yang digunakan dalam penerapan PKM ini yaitu dengan melakukan observasi, kemudian melakukan pengembangan dan memberikan pelatihan penerapan sistem informasi manajemen arsip persuratan. Selain itu, Memberikan pengarahan secara umum tentang bagaimana pemeliharaan sistem informasi manajemen arsip persuratan. Metode yang digunakan adalah: demonstrasi, tanya jawab, dan diskusi.

Luaran yang dihasilkan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah mitra mampu memanajemen arsip surat, dapat menggunakan aplikasi sistem informasi manajemen persuratan  yang telah dikembangkan dan memiliki pengetahuan dalam memelihara aplikasi sistem informasi manajemen arsip persuratan. Selain itu luaran tambahan berupa Video kegiatan, Media Online, Laporan Akhir, serta Prosiding dalam Seminar Nasional.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Arsip, Persuratan


Full Text:

PDF

References


Adha, M. F. 2021. Pengembangan sistem informasi manajemen persuratan terpadu lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Makassar : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Asthana, A., & Olivieri, J. (2009). Quantifying software reliability and readiness. 1–6.

Junaidy. (2012). Peran informasi dalam membentuk jiwa manusia. Junaidy Abstrak. 61–72

Widyawati, W., Sulistyanto, A., & Sianipar, A. Z. (2021). Sistem informasi administrasi persuratan berbasis web pada biro kepegawaian dan organisasi badan narkotika nasional. Journal of Information System, Informatics and Computing. 5(1), 174.

Zainuddin, (2019). Buku Panduan PNBP LP2M UNM. Universitas Negeri Makassar: Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.