PKM Pemanfaatan Limbah Menjadi Mainan Edukatif di PAUD Kemala Bayangkari Kota Makassar

Ratnawaty Fadilah(1*), Andi Sukainah(2), Amirah Mustarin(3),

(1) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Kreativitas masyarakat pengelolaan limbah bermitra dengan sekolah PAUD Kemala Bayangkari Kota Makassar. Masalah yang dihadapi oleh  Mitra PKM diantaranya (1) banyaknya limbah yang dihasilkan di Sekolah PAUD Kemala Bayangkari, (2) guru pengajar di Sekolah PAUD Kemala Bayangkari masih belum memahami pentingnya pengelolaan limbah, (3) belum adanya pengelolaan limbah di Sekolah PAUD Kemala Bayangkari dan (4) belum ada alat peraga edukatif yang dapat digunakan untuk mempermudah kelancaran proses pembelajaran di PAUD Kemala Bayangkari. Metode yang digunakan adalah observasi, Sasaran dari kegiatan PKM ini adalah sekolah PAUD Kemala Bayangkari mampu melakukan pengelolaan limbah menjadi mainan edukatif yang dapat memperlancar proses belajar mengajar. Metode yang digunakan adalah observasi, pelatihan dan pendampingan pembuatan mainan edukatif. Hasil yang dicapai adalah (1) Mitra mampu melakukan pengelolaan limbah yang dihasilkan di Sekolah PAUD Kemala Bayangkari, (2) Para guru di sekolah Mitra mampu menghasilkan maianan edukatif yang dapat mempermudah proses belajar mengajar, (3) Para guru di sekolah Mitra meningkat pemahamannya dalam pengelolaan limbah di sekolah.

 

 

Kata kunci: Mainan edukatif, APE, pengelolaan limbah, Pendidikan Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Craft, Anna. 2003. Membangun Kreativitas Anak. Penterjemah M. Chairul Anam. Jakarta: Inisiasi Press.

Gadre K., 2015. Urban Solid Waste Management. Compendium of Global Good Practice. https://www.academia.edu/41516883

Krimniantioti., M. 2014. Guide Green Solution for Wastefor and From Public Administration.http://wasteprevention.gr/waste/wpcontent/uploads/2015/10/2014_Green%20Solutions%20for%20Wastes%20for%20and%20from%20Public%20Administrations_Guide_EN.pdf

Khoir, A. 2009. Upaya mendidik Anak melalui Permainan Edukatif. Forum TArbiyah Vo.7, No2

Manasi., S and Bhat., H. 2020. Eco-Innovations in Waste Management- A Review of High Point Case. The Institute for Social and Economic Change, Bangalore

Mawarnisa, R., 2020. Model Permainan Edukasi Dari Bahan Bekas Kardus Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Anaka PAUD 5-6 Tahun. Skripsi. Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Malla, M. Akilla. 2003. Fungsi Strategi Sarana Pembelajaran Dalam Pembelajaran Anak Dini Usia. Jakarta: Proyek Pengembangan Anak Usia Dini Pusat

Rachmawati,R., Hanom, I., dadn Raudhoh, R. 2021.

Wood Waste Materials for Early Childhood Educational Toy in New Normal Era, Case Study: Toys for Pos PAUD Fathonah. Journal of Aesthetics, Design, and Art Management. Vol1, No1. 98-Article Text-275-1-10-20211013.pdf

Wahyuni., 2018. Pemanfaatan Limbah Anorganik Melalui Karya Seni Rupa Terapan Pada Komunitas Rumah Pohon Di Desa Baloli Kecamatan Masamba. Skripsi. Program Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.