PKM Pemberian Edukasi Siswa Mengenai Program Studi Pendidikan IPS pada SMA Citra Mulia Makassar
(1) Jurusan Pend.Sejarah dan Pend. IPS, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pend.Sejarah dan Pend. IPS, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pend.Sejarah dan Pend. IPS, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pend.Sejarah dan Pend. IPS, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pend.Sejarah dan Pend. IPS, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Ilmu Pengetahuan Sosial IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, dan menganalisa gejala dan masyarakat masalah sosial di masyarakat di tinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu. Ilmu sosial dipelajari dan dikembangkan pada tingkat perguruan tinggi. IPS diajarkan pada tingkat rendah sampai tingkat persekolahan SD-SMA. tujuan pendidikan IPS di sekolah diantaranya adalah membekali anak didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupannya kelak di masyarakat, membekali anak didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat, membekali anak didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan berbagai bidang keilmuan serta bidang keahlian, membekali anak didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, membekali anak didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, masyarakat ilmu pengetahuan dan teknologi. Memahami pentingnya ilmu pendidikan sosial, maka diharapkan dapat menumbuhkan minat para siswa-siswi terhadap ilmu-ilmu sosial dalam menghdapi tantangan kedepannya. Oleh karena itu, program studi ilmu pendidikan sosial memberikan peluang yang seluas-luasnya kepada para siswa-siswi sekolah menengah atas untuk dapat bergabung pada Program studi Ilmu Pendidikan Sosial dengan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) serta seleksi lokal perguruan tinggi pada Universitas Negeri Makassar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto tohardi. (2011). Dasar – dasar evaluasi pendidikan. Jakarata: bumi aksara.
Dewi, rosmala. 2015. Profesionalisasi guru melalui penelitian tindakan kelas. Medan : Unimed Press
H.a.r. Tilaar (2012) Perubahan Sosial Dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif Untuk
Indonesia. Jakarta: Rhineka Cipta
Heriati Tati. (2010). Pengelolaan kelas. Bandung: FKIP Universitas Pasundan
Idi, Abdullah. 2013. Sosiologi Pendidikan. Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Iif Khoiru A; Amri Sofan. (2011). Mengembangkan pembelajaran ips terpadu. Jakarta: cv prestasi pustaka karya
Inanna. 2018. Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral
Jurnal Pendidikan.
Kulsum, Umi. 2014. Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Pustaka Bahasa.
Nurihsan, Achmad, J.Mubiar, Agustin. 2016. Dinamika Perkembangan anak dan Remaja. Bandung. PT. Refika Aditama.
Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan. Stimulus ilmu Pendidikan bercorak Indonesia. Jakarta Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung : alfabeta suharsimi arikunto. 2013.
Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara
Tarigan, henry guntur. 2008. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa.
Bandung : Angkasa Bandung
Trianto. 2013. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta : Kencana
Article Metrics
Abstract view : 83 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.