PKM Peningkatan Kemampuan Computational Thinking Siswa Mts Al-Wasilah Lemo Kabupaten Polewali Mandar

Nurul Mukhlisa Abdal(1*), Nuridayanti Nuridayanti(2), Fathahillah Fathahillah(3), Iwan Suhardi(4), Johar Amir(5),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. PKM ini tentang PKM Peningkatan Kemampuan Computational Thinking Siswa yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra tentang pengetahuan Computational Thinking. Permasalahan dihadapi mitra adalah sebagai berikut (1) Siswa Sekolah Dasar di lingkup Yayasan Pendidikan Al Wasilah Kabupaten Polewali Mandar belum menguasai Kemampuan Computational Thinking ditandai dengan belum adanya siswa yang berhasil memenuhi nilai ketuntasan, yaitu 50; (2) siswa dan guru di Kabupaten Polewali Mandar belum mengenal kegiatan Bebras Challenge yang merupakan kompetisi nasional Computational Thinking, (3) siswa dan guru di lingkup Yayasan Pendidikan Al-Wasilah belum secara aktif menggalakkan pemanfaatan internet sebagai sarana pembelajaran khususnya pengembangan kemampuan Computational Thinking. Solusi yang ditawarakan pemberian materi tentang peningkatan kemampuan Computational Thinking. Pemateri tentu bukan hanya sekedar memberikan materi sesuai dengan permasalahan di sekolah mitra, tetapi juga memotivasi para guru untuk memanfatkan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Tahap pelaksanaan terdiri atas dua tahap. Tahap pertama, yaitu pengenalan mengenai Tantangan Bebras. Sesi pelatihan yang menitik beratkan pada pengenalan soal-soal Tantangan Bebras dan Computational Thinking. Kedua, sesi pelatihan yang menitik beratkan pada pemberian motivasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Metode pelatihan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan metode latihan/praktek. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa siswa tertarik mempelajari materi Computational Thinking yang tidak membutuhkan siswa menghapal rumus.

 

Kata kunci: Computational thinking, berpikir komputasi, menyelesaikan masalah

Full Text:

PDF

References


Buchari, M. A., Arsalan, O., & Miraswan, K. J. (2019). Sosialisasi dan Pelatihan Bebras Challenge Untuk Siswa SMP di Kota Palembang. Prosiding Annual Research Seminar 2019, 5, 39–42.

Kartarina, K., Madani, M., Supatmiwati, D., Riberu, R. A., & Lestari, I. P. (2021). Sosialisasi dan Pengenalan Computational Thinking kepada Guru pada Program Gerakan Pandai oleh Bebras Biro Universitas Bumigora. ADMA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1271

Siregar, J. H., Anwar, C., & Sofia, I. P. (2021). PELATIHAN BEBRAS COMPUTATIONAL THINKING UNTUK GURU PENGGERAK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Tang, X., Yin, Y., Lin, Q., Hadad, R., & Zhai, X. (2020). Assessing computational thinking: A systematic review of empirical studies. Computers & Education, 148, 103798. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103798

Tim Olimpiade Komputer Indonesia. (2018). Tantangan Bebras Indonesia 2018 Bahan Belajar Computational Thinking Tingkat SD. NBO Bebras Indonesia. http://bebras.or.id

Yulianto, D., & Mardia, M. M. (2020). Pelatihan Computational Thinking dan Sosialisasi Gerakan Pandai bagi Guru SD Muhammadiyah di Gunungkidul. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2, 311–318.


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.