Penerapan Penelitian Tindakan Kelas dalam Mengelaborasi Aktivitas Belajar Siswa di SMK

Riana T. Mangesa(1*), Abd. Muis Mappalotteng(2), Kholik Prasojo(3), Elfira Makmur(4), Yunus Tjandi(5),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak : Meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menggunakan pembelajaran aktif. Pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di SMKN 1 Takalar, salah satu hasil identifikasi masalah adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, Solusi yang ditawarkan adalah melakukan Penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan untuk mengelaborasi aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMKN 1 Takalar. Sasaran eksternal adalah meningkatkan kualitas pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, dengan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang mengidentifikasi masalah siswa di kelas (2) mitra memiliki keterampilan untuk menulis proposal dengan tepat, (3) mitra memiliki kemampuan merefleksikan permasalahan dan solusinya untuk sebuah merumuskan Tindakan.

 

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Aktivitas, SMK


Full Text:

PDF

References


Ani Widayati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol.VI. No. 1. Tahun 2008.

Ishariwi. 2008. Identifikasi dan Formulasi masalah Dalam Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. 2008.

Sagala, S. 2010. Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengaja. Bandung: Alfabeta.

Sukanti. 2008. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.