PKM Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru SMA Negeri 6 Gowa Melalui Pelatihan Model Pembelajaran Case Study dan Project.

Sudding Sudding(1*), Halimah Husain(2), Muhammad Fahmuddin S.(3),

(1) Prodi Kimia FMIPA UNM
(2) Prodi Kimia FMIPA UNM
(3) Prodi Statistika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


SMA Negeri 6 Gowa terletak di Sulawesi Selatan, yang beralamat di Lanna, Parangloe, Kabupaten Gowa. Pembelajaran berbasis proyek atau project-based learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada penerapannya pembelajaran berbasis proyek masih belum dilaksanakan dengan baik. Masih banyak guru-guru yang belum mampu atau memahami bagaimana menerapkan pembelajaran berbasis proyek tersebut dengan baik. Masih banyak keluhan para guru yang muncul terutama pada saat ada kesempatan bertatap muka dengan mereka. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan pemberian teori, kemudian diselingi dengan pembuatan perangkat berupa RPP, dan praktik penerapannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terbilang sukses dilaksanakan, dimana semua peserta memberikan apresiasi yang sangat positif. Sehingga kegiatan serupa diharapkan dilakukan kembali.

Kata Kunci: Pembelajaran, Case Study, Project, Guru


Full Text:

PDF

References


Bilgin, I. 2009. The effect of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students’ achievement of acid and bases concept and attitude toward guided inquiry instruction. Scientific Research and Essay. 4 (10): 1038- 1046.

Kubicek, J.P. 2005. Inquiry-Based Learning, The Nature of Science, and Computer Technology: New Possibilities in Science Education. Canadian Journal of Learning and Technology. 31(1):1—10.

Buku Panduan Kurikulum 2013. Paduan Pengembangan RPP-Direktorat Pembinaan SMA.

Kemendikbud. 2016. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.