DIGITALISASI ADMINISTRASI SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN WEBSITE

Sitti Habibah(1*), Sumarlin Mus(2), Andi Wahed(3),

(1) Universitas Negeri Makassar,
(2) Universitas Negeri Makassar,
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan digitalisasi layanan administrasi berbasis website sekolah yang meliputi layanan kurikulum, layan kesiswaan, dan layanan pendidik. Desain penelitian dalam pengembangan website dimulai dari analisis kebutuhan layanan, pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi dan wawancara. Pengembangan website dilakukan dengan pembuatan laman, pembuatan post, pembuatan tema, dan pengaturan widget. Hasil pembuatan website lebih menekankan pada tiga aspek layanan administrasi sekolah yaitu layanan administrasi kurikulum, layanan administrasi kesiswaan, dan layanan administrasi pendidik. Pada layanan administrasi kurikulum termuat didalamnya seluruh tema pelajaran dan sub tema pelajaran yang nisa didownload langsung. Pada layanan kesiswaan terdapat direktori siswa dan form pendaftaran siswa baru. Pada layanan administrasi pendidik termuat aktivitas pendidik dan profil pendidik secara keseluruhan.

 

Kata kunci: Digitalisasi, Administrasi Sekolah, Website

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Fajrin, M. F., & Arsyam, M. (2021). Administrasi Kesiswaan Dalam Pendidikan.

Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian Kurikulum, Proses Administrasi Kurikulum Dan Peran Guru Dalam Administrasi Kurikulum.

Linna, O. A., & Afriansyah, H. (2019). Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Sari, E. P., Wahyuni, A., & Narti, N. (2019). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 87–94.

Satrio, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (n.d.). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 92–101.

Suhartanto, M. (2017). Pembuatan website sekolah menengah pertama negeri 3 delanggu dengan menggunakan php dan mysql. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(1).

Supriyono, H., Noviandri, A. M., & Purnomo, Y. E. (2017). Penerapan Sistem Informasi Berbasis Komputer Untuk Pengelolaan Aset Bagi SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. URECOL, 59–70.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.