PKM OLAH DATA DENGAN BAHASA PEMOGRAMAN R GURU SEKOLAH DASAR NEGERI INPRES KAMPUS IKIP

Muhammad Wiharto(1*), Muhammad Junda(2), Rosdiana Ngitung(3),

(1) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan mitra yakni guru-guru pada SD negeri INPRES IKIP, Makassar adalah kurangnya pengetahuan dan kemampuan memanfaatkan bahasa pemograman komputer khususnya bahasa R dalam pengolahan data. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertujuan untuk mengatasi permasalahan pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak bahasa pemograman komputer R. Solusinya sebagai berikut: (1)  Mengenalkan perangkat lunak komputer dalam hal bahasa pemograman R. (2).  Memberi pelatihan dalam membangun program sederhana untuk pengolahan data. Pelatihan dilaksanakan dengan metode berikut: (1) Ceramah, (2) Demonstrasi dan (3) Paraktek. Kegiatan PKM dilaksanakan TIM Dosen Jurusan Biologi UNM kepada guru-guru sekolah Dasar INPRES IKIP. Pelatihan meliputi pengunduhan perangkat lunak, instalasi perangkat lunak, mengenal antar muka perangkat lunak, melakukan pemograman dasar. Fungsi-fungsi  bawaan R yang dimanfaatkan mencakup setdw, getwd, read.csv, read.table, dan membuat fungsi sendiri. Luaran yang dihasilkan adalah buku petunjuk dasar-dasar pemograman dengan menggunakan bahasa R. Kegiatan mendapat dukungan yang sangat tinggi dari Kepala Sekolah. Para guru tekun mengikuti kegiatan. Dialog antar pemateri dan para guru berlangsung dengan baik. Sarana berupa alat belajar mengajar seperti LCD, layar LCD, pengeras suara dan ruangan khusus untuk pertemuan terdapat di sekoloh ini, yang semuanya dimanfaatkan sehingga proses kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat berlangsung dengan baik.

 

Kata kunci: aksesoris, pakaian bodo, kualitas, kuantitas, produksi


Full Text:

PDF

References


Ismah. 2017. Pemograman Komputer. Dasar-Dasar Python. Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ, Jakarta Selatan

Maindonald, J.H. 2008. Using R for Data Analysis and Graphics. Introduction, Code and Commentary. Centre for Mathematics and Its Applcations, Australian National University.

Paradis, E. 2005. R for Beginners. Institut des Sciences de l’Evolution. Universite Montpellier II, France.

Pribowo, F.S.P. 2017. Analisis kemampuan guru sd terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Elem. Sch. Educ. J. 1(1): 11–25.

Venables, W.D., Smith, D.M., and The R development Core Team. 2008. An Introduction to R. R Foundation for Statistical Computing, Vienna.


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.