Merias Henna Berkearifan Lokal Bagi Penata Rias Pengantin Di Majene – Sulawesi Barat

Alimuddin Alimuddin(1*), Nurachmy Sahnir(2),

(1) Program Studi Pendidikan Seni Rupa S2, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah penata rias penganti di Majene, Sulawesi Barat. Masalahnya penata rias penganti di Majene, yakni: (1) kurangnya pengetahuan dan pemahaman terhadap jenis-jenis dan bentuk ornamen berkearifan lokal, 2) kemampuan keterampilan mitra dalam membuat desain ornamen Henna berkearifan lokal masih kurang, serta 3) kurang berkemampuan dalam mengembangkan tata rias Henna berkearifan lokal. Sasaran eksternal adalah merias Henna dengan berbasis ornamen kearifan lokal. Metode dalam proses transfer IPTEKS yang dilakukan tim pelaksana dengan tahapan-tahapan, yaitu: 1) tahap pelaksanaan dengan ceramah, diskusi dan tanya jawab sebagai pencerahan memberi wawasan pengetahuan dan pemahaman terhadap jenis dan bentuk ornamen Henna berkearifan lokal, 2) tahap pendemonstrasian perancangan desain dan pembuatan berbagai jenis dan bentuk ornamen Henna berkearifan lokal; dan 3) tahap evaluasi dengan metode apresiasi produk hasil pelatihan baik pengembangan desain maupun hasil uji-coba penerapannya. Capaian hasil pelatihan adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dan motivasi untuk mengenal berbagai jenis dan bentuk ornamen kearifan lokal di daerahnya, (2) mitra memiliki keterampilan untuk mendesain dan membuat beragam jenis dan bentuk ornamen berkearifan lokal, dan (3) mitra memiliki kemampuan keterampilan merias Henna berbasis ornamen kearifan lokal.

Kata kunci: merias, henna, ornamen, kearifan lokal


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Morief. 2019. Henna Design untuk Pernikahan, Life Style, dan Special Events. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Ambarwati. 2015. Sejarah Henna, (http://nunukambarwati.blogspot.co.id/2015_02_01_archive.html). Diakses 29 Februari 2017

Anastasia, 2013. Pengertian Henna, (https://www.google.com/amp/s/anastasiabody Painting Henna.wordress.com/2013/05/23). Diakses 27 Februari 2017.

Dianti, Novia Sari, M. (2021). Seni Mehendi Pada Komunitas Seniman Henna Art Lamongan (Shalam). Jurnal Seni Rupa, 9(2), 358–367. http:/e/journal.unesa.ac.id/index.php/va.

Faulks Philippa. 2011. Henna Magic. America: Llewellyn Worldwide Ltd.

Hasma, A. 2018. Studi Pada Komunitas “Makassar Henna Artist”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar.

Kartika, Tika. 2019, Adat Pernikahan Masyarakat Mandar Di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene (Tinjauan Budaya). Skripsi, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Alauddin Makassar

Taufik. 2013. Gandrang Bale’sumanga’ Dalam Prosesi Akkorontigi Pada Upacara Perkawinan Adat Masyarakat Makasar Di Maros. Skripsi, Program Studi Sendratasik Fakultas Seni Dan Desain, Universitas Negri Makasar.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.