Pelatihan Pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan bagi Guru SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Anas Arfandi(1*), Ahmad Rifqi Asrib(2), Akshari Tahir Lopa(3), Moh. Junaedy Rahman(4), M. Reza Hasrul(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak.  Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM)  ini adalah Guru mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan (KJJ) pada kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti (TKP), bidang keahlian teknologi dan rekayasa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan ini dilakukan karena belum optimalnya pemahaman guru pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Metode kegiatan PKM menggunakan ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil kegiatan ini meningkatkan pemahaman guru pada materi pelajaran konstruksi jalan dan jembatan untuk diajarkan kepada siswa. Selain itu, guru SMK juga diberi bahan ajar sesuai kompetensi dasar yang ada pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan.

Kata kunci:  program kemitraan masyarakat, mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan, sekolah menengah kejuruan, pelatihan guru


Full Text:

PDF

References


Al Rasyid, H. (2017). Fungsi kelompok kerja guru (KKG) bagi pengembangan keprofesionalan guru sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 24(2), 143–150.

Alghani, S. M. (2019). Persepsi Mahasiswa tentang Perubahan Spektrum Keahlian SMK dan Kesesuaiannya dengan Kurikulum Program Sudi Pendidikan Teknik Bangunan DPTS FPTK UPI. Universitas Pendidikan Indonesia.

Almira, D., Dardiri, A., & Isnandar. (2016). Skills of vocational high school graduation on building construction program competence of stone and concrete construction technique which is required for construction industry (A. D.L., P. P., S. H., P. A.A., I. F., P. A.B.N.R., & F. A.A. (eds.); Vol. 1778). American Institute of Physics Inc. https://doi.org/10.1063/1.4965767

Asrib, A. R., & Arfandi, A. (2020). Adaptasi perubahan spektrum SMK 2016 oleh guru SMK Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti. DEDIKASI, 22(1). https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i1.13827

Destiana, B., & Utami, P. (2017). Urgensi kompetensi pedagogik guru vokasional pada pembelajaran abad 21. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 211–222.

Devitha, C. T. P., Baharuddin, F. R., & Purnamawati, P. (n.d.). Analisis Pengaruh Masa Kerja dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru Produktif SMK Negeri di Kota Kendari. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 9(1), 69–78.

Isnantyo, F. D., Sumarni, S., & Siswanto, B. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar Melalui Digital Book Pada Guru-Guru Smk Teknik Bangunan. SENADIMAS.

Khairat, F., Handoyo, S. S., & Arthur, R. (2018). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 7(1), 9–20.

Made Sudana, I., Apriyani, D., & Nurmasitah, S. (2019). Revitalization of vocational high school roadmap to encounter the 4.0 industrial revolution. Journal of Social Sciences Research, 5(2), 338–342. https://doi.org/10.32861/jssr.52.338.342

Masrul, W., Silva, H., & Sundari, T. (2022). Pelatihan Sketch Up Untuk Guru SMKN 5 Pekanbaru pada Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 131–138.

Matondang, Z. (2010). Kompetensi Profesional Guru SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan di Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(6), 638–647.

Ramadhan, M. A. (2020). Pelatihan PAIKEM untuk Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Teknik Bangunan se-Jabodetabek. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2), 47–52.

Ramadhan, M. A., & Maulana, A. (2020). Pemahaman Konsep BIM melalui Autodesk Revit bagi Guru SMK Teknik Bangunan se-Jabodetabek. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 47–52.

Saputro, D. N., Pamudji, G., Hermanto, N. I. S., & Widyaningrum, A. (2021). Pelatihan Dasar Pengoperasian Building Information Modeling (BIM) Tekla Structures bagi Guru SMK Teknik Bangunan di Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 134–141.

Windrawanto, Y. (2015). Pelatihan dalam Rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Satya Widya, 31(2), 90–101.

Zega, B. C., Dani, H., Triarso, A., & Zulfikar, A. R. (2022). Pelatihan Analisis Pemodelan Struktur Bangunan dengan Menggunakan Software SAP2000 kepada Guru dan Siswa pada SMK Teknik Bangunan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 42–48.


Article Metrics

Abstract view : 112 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.