PKM Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa

Syahrul Syahrul(1*), Mardiana Mardiana(2), Shabrina Syntha Dewi(3), Dyah Vitalocca(4),

(1) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan bagi siswa dalam mengelola imajinasi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang efektif namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan untuk melakukan perubahan untuk mendorong perbaikan yang lebih baik dalam menghadapi dunia kerja dan dunia industri. Pada pelaksanaan kegiatan PKM pendampingan melakukan pelatihan pembuatan konten digital marketing pada siswa agar dapat mengoperasikan website serta akun-akun sosial media, dimana penggunaan teknologi digital sangat mempengaruhi semua aspek kegiatan termasuk pemasaran. Pelatihan pembuatan konten digital marketing diharapkan dapat memberi keterampilan kepada siswa agar dapat digunakan dalam membuka peluang usaha guna membangun jiwa entrepreneurship (kewirausahaan) untuk mempromosikan produk, dan mendapatkan konsumen yang pada akhirnya meningkatkan omset penjualan. Dengan adanya konten digital marketing yang dibuat memungkinkan konsumen memperoleh informasi mengenai produk dan bisa secara langsung bertransaksi melalui internet, memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon konsumen tanpa harus ke tempat penjualan akan tetapi hanya melalui penggunaan media sosial, terutama Facebook, Instagram dan Whatsapp.

 

Kata kunci: Konten Digital Marketing, Entrepreneurship, Facebook, Instagram, Whatsapp.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A Buchori, 2014, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

A Sudarsono, D Sunarsi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laboratorium Klinik Kimia Farma-Bintaro. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi 15 (1), 16-26

D Prasada, S Sarwani, M Catio. (2019). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mitra Adiperkasa, Tbk. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO) 3 (3), 195-207

D Sunarsi. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik. Universitas Pamulang

Daryanto. 2012, Pendidikan Kewirausahaan, Gava Media. Yogyakarta.

Kheefa, (January 7, 2021). Cara Membuat Instagram Baru di HP yang Sama, Dikutip 30 Juni 2022 dari https:// kheefa.com/cara-membuat-instagram-baru-di-hp-yang-sama/

Putri Aprilia (February 26, 2021), Cara Membuat WhatsApp Bisnis, Dikutip 21 Juni 2022 dari www.niagahoster.co.id/blog/whatsapp-bisnis-adalah/

Rambat, Lupiyoadi, 2013, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3), Salemba Empat, Jakarta.

Reishatia (July 27, 2020). Cara Membuat Facebook Ads dengan Cepat dan Mudah. Dikutip 21 Juni 2022 dari https:// jalantikus.com/tips/cara-membuat-facebook-ads/

https://www.kompasiana.com/andidwiriyanto/620fe14651d76471ad402f76/data-digital-indonesia-tahun-2022


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.