PKM MEDIA INFOGRAFIS BERBASIS KONTEKS DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI GURU MATEMATIKA DI KABUPATEN PANGKEP

Nasrullah Nasrullah(1*), Ruslan Ruslan(2), Fajar Arwadi(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah MGMP Matematika Kabupaten Pangkep. Adapun permasalahan yang dihadapi adalah 1) Guru belum memaksimalkan kegiatan pembelajaran aktif di kelas, salah satunya matematika. 2) Guru belum maksimal memanfaatkan media dan strategi dalam kegiatan pembelajaran. Untuk implementasinya, peserta dilibatkan dalam kegiatan pelatihan yang pelaksanaannya meliputi sajian materi dan kegiatan praktek. Dalam penyajian materi peserta diberikan materi-materi mengenai konsep media infografis berbasis konteks, Konteks pembelajaran matematika realistik, strategi pembelajaran matematika realistik, dan Penggunaan media infografis berbasis konteks dan strategi pembelajaran matematika realistik.. Pada bagian kegiatan praktikum peserta melakukan kegiatan praktek penyusunan infografis menggunakan Canva dan pengembangan konteks pembelajaran terpadu strategi pembelajaran Matematika Realistik. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan, peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka dengan kegiatan ini media infografis berbasis konteks dan Strategi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan memberikan tambahan pengetahuan yang berfungsi meningkatkan pengetahuan guru tentang media pembelajaran alternatif untuk pembelajaran yang mengembangkan konteks dan strategi pembelajaran matematika realistik.

 

 

Kata kunci: Media Infografis, Konteks, Strategi Pembelajaran Matematika Realistik


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amirullah, & Nasrullah. (2018). Penggunaan Tarser dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat Tingkat SMP. Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 114–119.

Bachtiar, M. Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411

Hubbard, P. L. (2020). Philip L. Hubbard, PhD. September.

Nasrullah; Baharman. (2016). Pengaruh SMP Virtual terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. 662–666.

Nasrullah, Rusli, & Rahman, A. (2011). Penggunaan alat peraga manipulatif untuk pembelajaran konsep pecahan bagi Guru Matematika Tingkat SMP. 635–639.

Ridwan, & Nasrullah. (2015). KONTRIBUSI PENDEKATAN 2PM TERHADAP KEMAJUAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 3 TANETE RIAJA. Prosiding Seminar Nasional Lemlit UNM Tahun 2015, 903–911.

Ruslan, R., Alimuddin, A., & Nasrullah, N. (2018). Developing Alternative Assessment of Mathematical Performance for Vocational Students. Innovation of Vocational Technology Education, 14(1), 32. https://doi.org/10.17509/invotec.v14i1.11045


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.