PKM PROGRAM EDUKASI FOOD PREFERENCE & FOOD CHOICE BAGI IBU SEBAGAI PROMOSI PERILAKU MAKAN SEHAT PADA ANAK

Rohma Rifani(1*), Wilda Ansar(2), Siti Junaeda(3),

(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perilaku makan merupakan tanggung jawab orang tua. Adanya problem perilaku makan pada anak yang tergolong tinggi > 60% menunjukkan bahwa ada masalah dalam pengasuhan khususnya dalam memberi makan anak. Sebagian besar ibu belum memahami bagaimana proses anak mengakuisisi rasa, jenis, tekstur, dan aroma makanan serta bagaimana perilaku itu diperoleh sehingga anak dapat menentukan makanan yang dikonsumsi. Berdasarkan permasalahan ini sehingga perlu memberikan edukasi kepada ibu-ibu terkait preferensi makanan dan pilihan jenis makanan. Metode yang digunakan adalah psikoedukasi dengan mengukur pengetahuan subjek sesudah pemberian  materi. Adapun hasil dari pemberian edukasi ini adalah terdapat peningkatan pemahaman peserta yang signifikan dengan kegiatan yang telah dilakukan. Perlu untuk melakukan sosialisasi yang lebih luas terkait prefensi makanan dan pemilihan makanan khususnya pada ibu-ibu yang sedang mengandung dan yang memiliki anak dengan usia balita. Sebab berdasarkan hasil survey ibu-ibu yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 2 tahun keatas, sehingga perlu untuk memberikan edukasi lebih awal terkait prefensi dan pemilihan makanan sejak usia mpasi..

 

Kata kunci: Food Preference, Food Choice, Perilaku Makan Sehat

Full Text:

PDF

References


Rifani, R. Suryanto, & Suminar, D.R. (2018). Maternal feeding strategy used by working mothers of 4-6- years- old-children in Makassar, Indonesia. Prociding. International Conference on Advanced Multidisplinery Research (ICAMR). Atlantic Press.

Rifani, R. Suryanto, & Suminar, D.R.(2018). Parental feeding pada ibu bekerja yang memiliki anak usia dini di Makassar. Prosiding. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “ Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisis Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual. ISBN: 978-602-5554-71-1.

Scaglioni, S., Salvioni, M., & Galimberti, C. 2008. Influence of Parental Attitudes in the Development of Children Eating Behavior. British Journal of Nutrition. Vol. 99, Suppl. 1. S22-S25. Doi: 10.1017/S0007114508892471.

Sijtsema, S., Dagevos, H., & Lennemann, A. 2002. Variables Influencing Food Perception Reviewed for Consumer-Oriented Product Development. Critical Reviews in Food Science and Nutrition. Vol. 42. (6).. Hal. 565-58


Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.