PENCEGAHAN PERILAKU PHUBBING PADA GENERASI MILLENIAL

Muhammad Asriadi(1*), Masni Masni(2), Muhammad Qasas Hasyim(3), Asriati Asriati(4),

(1) Pendidikan Teknik Informatika & Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa
(3) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa & Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah DDI Al-Ihsan Kanang, Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Masalahnya adalah: 1). Kurangnya pengetahuan peserta didik terkait perilaku phubbing, 2). Kurangnya pemahaman peserta didik akan dimensi dan ruang lingkup  perilaku phubbing, 3). Kurangnya pemahaman peserta didik tentang factor-faktor yang mempengaruhi perilaku phubbing, 4). Kurangnya pengetahuan terkait Langkah pencegahan terhadap perilaku phubbing. Sasaran dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Peserta Didik Kelas XI sebagai pengguna aktif media sosial yang dalam proses sosial di sekolah rentan dengan perilaku phubbing. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan pendampingan. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah 1). Peserta didik memiliki pengetahuan terkait perilaku phubbing, 2). Peserta didik memahami akan dimensi dan ruang lingkup perilaku phubbing, 3). Peserta didik memiliki pengetahuan tentang factor-faktor yang mempengaruhi perilaku phubbing, 4). Peserta didik memiliki pemahaman terkait Langkah pencegahan terhadap perilaku phubbing. Sehingga hubungan sosial dari interaksi yang dilakukan sehari-hari disekolah dapat terjalin ikatan yang baik dari siswa ke siswa maupun siswa ke guru di lingkungan sekolah.

Kata Kunci: Phubbing, Perilaku, Peserta Didik, Media Sosial


Full Text:

PDF

References


Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018). The effects of “phubbing” on social interaction. Journal of Applied Social Psychology, 48(6), 304-316.

David, M. E., & Roberts, J. A. (2017). Phubbed and alone: Phone snubbing, social exclusion, and attachment to social media. Journal of the Association for Consumer Research, 2(2), 155-163.

Karadağ, E., Tosuntaş, Ş. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., Şahin, B. M., ... & Babadağ, B. (2015). Determinants of phubbing, which is the sum of many virtual addictions: A structural equation model. Journal of behavioral addictions, 4(2), 60-74.

Nazir, T., & Pişkin, M. (2016). Phubbing: A technological invasion which connected the world but disconnected humans. The International Journal of Indian Psychology, 3(4), 2348-5396.

Normawati et. al. (2018). Pengaruh Kampanye Lets Talk Disconnect To Connect” Terhadap Sikap Anti Phubbing (Survey Pada Followers Official Account Line Starbucks Indonesia)”. Jurnal Komunikasi, 3, 160.

Ugur, N. G., & Koc, T. (2015). Time for digital detox: Misuse of mobile technology and phubbing. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 1022-1031.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.