PKM PENGUATAN KAPASITAS DALA MERANCANG PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS BAGI GURU IPA MAKASSAR

Abdul Haris(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Ahmad Yani(3),

(1) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah MGMP IPA Kota MAkassar dengan masalah yang ditemukan adalah (1) kurangnya pengetahuan guru-guru tentang keterampilan proses sains dalam pembelajaran, (2) tidak ada sumber informasi mengenai keterampilan yang dibutuhkan dalam menerapkan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains. Berdasarkan masalah maka dilakukan persamaan persepsi kepada mitra dan pengabdi dalam hal defenisi keterampilan proses sains dalam pembelajaran. Metode penyelesaian masalah yang digunakan adalah pelatihan dalam bentuk ceramah dan demonstrasi namun karena keterbatasan kebijakan PPKM maka pelatihan dilaksanakan secara online melalui Aplikasi Zoom Meeting. Hasil yang dicapai (1) mitra memiliki pengetahuan pengetahuan tentang keterampilan proses sains dan (2) mitra mendapatkan informasi mengenai keterampilan-keterampailan yang bekaitan dengan penerapan etnosians di dalam pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: Etnosains, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Maslichah Asy‟ari. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Mungajilah. (2010). Penerapan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UNESA.

Nasution Noehi, dkk (2007). Pendidikan IPA di SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Patta Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Poppy Kamalia Devi. (2010). Ketrampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta. PPPPTK IPA

Semiawan. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Semiawan, Cony., dkk. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Grasindo.

Sri Sulistyorini. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suprihadi, dkk. (2000). Strategi Pembelajaran. Malang: Depdiknas.

Usman Samatowa. (2011). Pembeajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.