Program Rumah Cerdas Finansial dan Numerasi dalam Upaya Penguatan Literasi Finansial Warga Desa Mallongi-Longi

ST. Rahma(1*), Said Fachry Assagaf(2), Muh. Ihsan Abdullah(3), Atikah Mawaddah A.(4),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Literasi finansial dan numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko, serta keterampilan agar dapat membuat keputusan efektif dan praktis dalam memecahkan masalah perekonomian. Salah satu masalah perekonomian masyarakat Desa Mallongi-longi adalah menurunnya keterampilan ekonomi dan kurangnya pengoptimalan pemanfaatan sumber daya dalam meningkatkann kesejahteraan sehingga mengakibatkan pendapatan masyarakat pasca pandemi Covid-19 menjadi menurun. Hal ini karena kurangnya pengetahuan, kesadaran dan minat literasi finansial masyarakat. Oleh karena itu, PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM melalui Program Rumah Cerdas Literasi Finansial dan numerasi diharapkan mampu menjawab permasalahan masyarakat. Melalui program ini dapat memperluas pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat terkait literasi finansial dan numerasi. Metode yang digunakan adalah kelas dan seminar. Pada program iniĀ  terdapat 5 bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu kelas perbankan anak, kelas perbankan pelaku usaha, pohon barang impian, aplikasi smart financisto, dan bazar. Program rumah cerdas ini diikuti oleh masyarakat Desa Mallongi-longi, baik kalangan anak-anak usia 6-12 tahun hingga para pelaku usaha. Program ini dilaksanakan selama 58 hari. Evaluasi berupa angket respon peserta terhadap pelaksanaan program. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta sasaran telah memberikan respon yang baik, menginginkan adanya keberlanjutan dari program dan program ini telah mencapai semua tujuan pelaksanaan program.

Kata Kunci: Literasi, Finansial, Numerasi.


Full Text:

PDF

References


Alinsari, Nnatasia. (2020). Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Magistrorum ET Scholarium: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(2), 256-268.

Arsyad, N., Assagaf, S. F., Alimuddin, A., & Darwis, M. Pelatihan Pembelajaran Matematika Di Era New Normal Bagi Guru Di Kabupaten Bantaeng. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 50-55.

Sugiri, P. (2019, October). 10 Cara Mudah Untuk Ajari Anak Literasi Finansial. Dipetik Oktober, 2022, dari Kumparan Plus: https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparanmom/10-cara-mudah-untuk-ajari-anak-literasi-finansial-1rWDiXzhNg1

Penulis. (2021). Buku Literasi Finansial. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Restiawati, D., Putri, A. I. S., Yuniar, C. D., & Mutmainah, S. (2021). Membangun Karakter dan Memberikan Pemahaman Mengenai Pentingnya Literasi Pada Anak Usia Dini. Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(1), 50-55.


Article Metrics

Abstract view : 72 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.