PKM PENYUSUNAN TES KOGNITIF BERBASIS HOTS BAGI GURU SDN PETAKEANG GALUNG KABUPATEN MAMUJU
(1) Dosen FMIPA dan PPs UNM
(2) Dosen FMIPA dan PPs UNM
(3) Dosen FMIPA dan PPs UNM
(4) Dosen FMIPA dan PPs UNM
(5) Mahasiswa Pendidikan Kimia S2 PPs UNM
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Tujuan PKM ini adalah guru memahami tentang: (1) prinsip instrumen tes kognitif berbasis HOTS (High Order Thinking Skill: keterampilan berpikir tingkat tinggi), (2) langkah-langkah teknis penyusunan instrumen tes kognitif berupa soal-soal berbasis HOTS, (3) memahami komponen-komponen yang harus terdapat dalam instrumen tes kognitif berbasis HOTS, (4) terampil menyusun instrumen tes kognitif berbasis HOTS, dan (5) menghasilkan produk instrumen tes kognitif berbasis HOTS. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah: pemaparan materi tentang prinsip dan penyusunan instrumen tes kognitif berbasis HOTS oleh Tim Pengabdi, praktik penyusunan instrumen tes kognitif berbasis HOTS oleh peserta pelatihan, presentasi produk/hasil naskah soal-soal berbasis HOTS oleh peserta perwakilan, pengamatan dan pengisian angket peserta setelah kegiatan PKM ini dilaksanakan. Peserta kegiatan ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri Petakeang Galung Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju yang berjumlah 20 orang. Hasil kegiatan PKM ini adalah peserta pelatihan: (1) memahami prinsip instrumen tes kognitif berbasis keterampilam berpikir tingktat tinggi (High Order Thinking Skill; HOTS), (2) memahami langkah-langkah teknis penyusunan instrumen tes kognitif berupa soal-soal berbasis HOTS, (3) memahami komponen-komponen yang harus terdapat dalam instrumen tes kognitif berbasis HOTS, (4) keseluruhan peserta terampil menyusun instrumen tes kognitif berbasis HOTS, dan (5) menghasilkan produk instrumen tes kognitif berbasis HOTS, serta (6) peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan worhshop penyusunan soal-soal kognitif berbasis HOTS dan merespon positif kegiatan ini dengan mengatakan bahwa kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini sangat bermanfaat kaitannya dengan perbaikan kualitas pembelajaran di Sekolahnya.
Kata kunci: Instrumen tes kognitif, HOTS
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Z. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik, dan Prosedur. PT Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.
Basuki, I. dan Hariyanto, 2014. Asesmen Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.
Danial, M., M.Anwar, dan P. Salempa, 2016. IbM Penyusunan Proposal PTK bagi Guru SDN Parangtambung 2 Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.
Danial, M., M.Anwar, dan P. Salempa, 2017. IbM Pelaksanaan PTK dan penyusunan laporan bagi Guru SDN Parangtambung 2 Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.
Danial, M., dan W. Sanusi, 2018. PKM Penyusunan Proposal PTK bagi Guru SDN No.12 Pinrang. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.
Danial, M., dan W. Sanusi, 2019. PKM Penyusunan LKPD Berbasis Investigasi bagi Guru SDN Parangtambung II Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.
Danial, M., dan Sanusi, W., dan Hasan, S.W., 2020. PKM Guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung Ii Kota Makassar (Penyusunan Instrumen Tes Kognitif berbasis HOTS). Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.
Depdiknas, 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen dikdasmen. Depdiknas.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, 2019. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengabdian edisi XII. Dirjen Dikti: Jakarta.
Furchan, A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya.
Kemendikbud, 2014. Buku Guru untuk SD Kelas 4, 5, dan 6 Berdasarkan Kurikulum 2013. Kemendikbud: Jakarta.
Rofalina, F. 2018. Pembahasan Lengkap Seputar Soal HOTS. Zenius.net. (on- line) https://www.zenius.net. Diakses 13 Pebruari 2020.
Article Metrics
Abstract view : 47 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.