PKM EDUKASI BISNIS: MANAJEMEN STRATEGI USAHA PETERNAK AYAM KAMPUNG

Zainal Ruma(1*), Tenri Sayu Puspitaningsih Dipoatmodjo(2), Muhammad Ilham W.H(3),

(1) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah pemilik usaha mikro kecil peternak ayam. Pengetahuan tentang manajemen strategi usaha masih sangat terbatas pada pemilik usaha peternak ayam. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah memotivasi pemilik usaha peternak ayam dalam memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk bisa melakukan manajemen usaha yang benar sebagai pendukung dalam pengembangan usahanya. Metode pelaksanaan mengggunakan kombinasi teori dan praktek. Peserta terdiri atas pemilik usaha peternak ayam kampung di Desa Batulaya Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Teknik pelaksanaan kegiatan terdiri atas tiga tahap dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi kegiatan. Hasil yang dicapai dari pengabdian ini adalah (1) pemilik usaha sudah memahami bagaimana tata cara pengelolaan usaha yang baik, (2) pemilik usaha sudah memiliki pengetahuan dalam mengukur efisiensi penggunakaan modal kerja , (3) pemilik usaha sudah mampu menganalisis  strategi dan model perencanaan UKM. Keterbatasan dalam pelatihan ini adalah metode pelaksanaan belum menggunakan teknik pendampingan, sehingga pengetahuan manajemen strategi belum dapat diimplementasikan dalam aktivitas usaha.

Kata Kunci: Manajemen Strategi Usaha, Usaha Peternak Ayam


Full Text:

PDF

References


Biro Pusat Statistik, 2020. Jumlah Penduduk (Jiwa), 2018-2020. Kabupaten Polewali Mandar.

CNN Indonesia. 2019. KEIN Sebut UMKM Kunci Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen. https:/www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190527202520-532-398900/kein-sebut-umkm-kunci-pertumbuhan-ekonomi-7-persen&ved. Dikutip pada 5 Maret 2022.

Dess, G., McNamara, G., Eisner, A., & Lee, S. H. (2014). Strategic Management: Text and Cases. Mc Graw Hill Education. Rasyaf, M. 2003. Pengelolaan Usaha peternakan Ayam Kampung. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Simanjuntak, Mery Christiana. 2018. Analisis Usaha Ternak Ayam Broiler Di Peternakan Ayam Selama Satu Kali Masa Produksi. Jurnal FAPERTANAK. Vol. III Nomor 1.

Subagyo Pangestu dkk. 2000. Dasar-Dasar Operation Research. Edisi 2. PT BPFE, Yogyakarta.

Yuwanto, dkk. 2007. Studi Budidaya Sifat-Sifat Ayam Kampung, Ayam Pelung, Ayam Bangkok. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Perguruan Tinggi. Dirjen Dikti. Bogor.

Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Di Indonesia: Isu-Isu Penting. LP3ES. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 268 times | PDF view : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.