Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Model Pembelajaran Inovatif melalui PKM

Syarifuddin Syarifuddin(1*), Mario Mario(2), Muhammad Ilyas Thamrin(3), Ahmad Zaki(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Patompo
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program PKM dilakukan dengan metode memberikan pelatihan, bimbingan, dan pendampingan kepada peserta mengenai pelatihan pengembangan model pembelajaran inovatif yang dilakukan secara luring. Tujuan pelaksanaan PKM yaitu (1) untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan peserta mengenai pengembangan model pembelajaran, (2) untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pengembangan model pembelajaran inovatif, (3) untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan model pembelajaran inovatif, dan (4) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran. Kegiatan PKM dilaksanakan hari Jumat s.d. Sabtu tanggal 28 s.d. 29 Oktober 2022 di SMK Negeri Paku Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Provinsi Sulawesi Barat kemudian dilanjutkan dengan pembimbingan dan pendampingan kepada peserta secara luring. Peserta kegiatan PKM adalah guru-guru sekolah Paku Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Provinsi Sulawesi Barat. Materi yang disajikan dalam kegiatan PKM yaitu (1) teori & konsep: model pembelajaran, (2) pengembangan model pembelajaran inovatif, dan (3) implementasi model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran di sekolah. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan program PKM yaitu (1) meningkatnya kompetensi dan pengetahuan peserta mengenai pengembangan model pembelajaran, (2) meningkatnya pengetahuan mengenai model pembelajaran inovatif, (3) meningkatnya kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan model pembelajaran inovatif dan (4) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran. Luaran kegiatan PKM yaitu (1) laporan hasil pelaksanaan PKM, (2) artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam prosiding ber-ISBN dari seminar nasional, (3) artikel pada media massa cetak/elektronik, (4) video yang kegiatan yang dipublikasikan secara luas pada media online youtube, dan (5) adanya peningkatan keberdayaan mitra sesuai permasalahan yang dihadapi.

 

Kata kunci: PKM, Model Pembelajaran Inovatif, Pelatihan & Bimbingan


Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Mulbar, U., Nasrullah. 2018, 2019, 2020, 2021. PKM Pembelajaran Matematika Realistik untuk Guru Sekolah Dasar. Laporan PKM LPM Universitas Negeri Makassar.

Apriyanto. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe STAD (Students Teams – Achievement Divisions) pada Siswa Kelas VIII SMP. Tidak diterbitkan.

Arifin, Martoenoes. 2005. Filsafat Pendidikan. FIP Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Koehler, M., & Mishra, P. (2005). What happens when teachers design educational technology? The development of technological pedagogical content knowledge. Journal of Educational Computing Research, 32(2), 131

Loughran, J., Mullhall, P., & Berry, A. (2004). In search of pedagogical content knowledge in science: Developing ways of articulating and documenting professional practice. Journal of Research in Science Teaching, 41(4), 370

Loughran, J., Berry, A., & Mullhall, P. (2006). Understanding and developing science teachers’ pedagogical content knowledge. Rotterdam, The Netherlands: Sense Publishers.

Loughran, J., Mulhall, P., & Berry, A. (2008). Exploring pedagogical content knowledge in science teacher education. International Journal of Science Education, 30 (10), 1301

Magnusson, S., & Krajcik, J. S. (1993). Teacher Knowledge and Representation of Content in Instruction about Heat Energy and Temperature (ERIC Document No. 387313).

Mulbar, Jalaluddin. 2003. Realistic Mathematics Education (RME) dan Matematika Modern (New Mathematics). Eksponen Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 4 No.3. Hal 218 – 228.

Ramadhan, Hammad. 2009. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Indonesia. (http ://h4mm4d.wordpress.com/2009/02/27/ pendidikan-matematika-realistik-pmri-indonesia.htm)

Purnamawati, Mulbar, U., Zaki, A. 2018. PKM Guru Sekolah di Kecamatan Tinggimoncong Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Laporan PKM LPM Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.