PKM Sosialisasi Financial Technology Bagi Pelajar Pada SMA Negeri 1 Tinambung Sulawesi Barat

Masnawaty S.(1*), Nur Eny P.(2), Samirah Dunakhir(3), Mukhammad Idrus(4), Hariany Idris(5),

(1) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah SMA Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pengetahuan dalam menggunakan financial technology, (2) seringnya terjadi penyalahgunaan keleluasaan menggunakan financial technology, (3) jumlah korban kejahatan pengunaan internet semakin hari semakin bertambah, dan (4) pelajar seringkali menjadi sasaran kejahatan internet. Sasaran eksternal adalah siswa dan siswi pada tingkatan sekolah menengah atas di SMA Negeri 1 Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam menggunakan internet yang aman dan bertanggung jawab, (2) mitra dapat pemahaman awal dan dasar terkait kerahasiaan data pribadi pada ranah publik.

 

Kata kunci: keamanan internet; keamanan data; sma

 


Full Text:

PDF

References


Benuf, K., Njatrijani, R., Priyono, E. A., & Adhim, N. (2020). Pengaturan Dan Pengawasan Bisnis Financial Technology Di Indonesia. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi, 11(2), 046-069.

Fajar, M., & Larasati, C. (2021). Peran Financial Technology (Fintech) dalam Perkembangan UMKM di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Humanis (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2).

Hadad, M. D. (2017). Financial Technology (Fintech) di Indonesia. Kuliah Umum tentang Fintech, Indonesia Banking School, 1-17.

Narastri, M. (2020). Financial technology (Fintech) di Indonesia ditinjau dari perspektif Islam. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 2(2), 155-170.

Pakpahan, E. F., Chandra, K., & Tanjaya, A. (2020). Urgensi Pengaturan Financial Technology di Indonesia. Jurnal Darma Agung, 28(3), 444-456.

Sari, A. R. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Pemberi Pinjaman Dalam Penyelenggaraan Financial Technology Berbasis Peer To Peer Lending Di Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.