PKM Pelatihan Komunikasi Bisnis bagi Pelajar Pada SMA Negeri 1 Tinambung Sulawesi Barat

Mukhammad Idrus(1*), Hajrah Hamzah(2), Hariany Idris(3), Samirah Dunakhir(4), Masnawaty Masnawaty(5),

(1) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah SMA Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pemahaman terkait komunikasi bisnis bagi pelajar, (2) besarnya minat untuk menjadi wirausahaawan setelah selesai bersekolah, (3) kualitas cara berkomunikasi mempengaruhi interaksi siswa, dan (4) pelajar akan belajar mandiri untuk berwirausaha. Sasaran eksternal adalah siswa dan siswi pada tingkatan sekolah menengah atas di SMA Negeri 1 Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam melakukan komunikasi secara baik dan bertanggung jawab, (2) mitra dapat pemahaman awal dan dasar melakukan komunikasi.

 

Kata kunci: komunikasi bisnis; sma


Full Text:

PDF

References


Dazali, N. S. M., & Awang, M. I. (2016). Tahap kemahiran komunikasi dalam kalangan pelajar sarjana muda pendidikan IPTA di utara semenanjung Malaysia. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 4(2), 44-56.

Erlangga, E. (2017). Bimbingan kelompok meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149-156.

Guat, T. M. (2013). Komunikasi interpersonal dalam kalangan pelajar institut pendidikan guru semasa praktikum. Jurnal Penyelidikan IPBL, 11, 1-17.

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240-2246.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Maryanti, S. (2012). Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor, 1(2).

Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 58-80.

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis.

Syarif, D. N. (2019). Komunikasi kontemporer: Bisnis Islam di era digital. Deepublish.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.