PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA RPP BAGI GURU TK/PAUD KEC. PATALLASANG GOWA

Muhammad Iskandar Musa(1*), Haruna HL(2), Wabdillah Wabdillah(3),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan yang dihadapi para guru-guru Taman Kanak-Kanak (TK) adalah masih memerlukan bimbingan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang berbasis saintifi (ilmiah). Pelatihan menyusun RPP dan RPPH berbasis saintifik kepada kelompok Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa ini,  bertujuan agar para guru-guru Taman Kanak-Kanak medapatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai penyususnan RPP dan RPPH yang berbasis saintifik. . Khalayak sasaran kegiatan ini  adalah para guru TK/PAUD yang tergabung dalam kelompok IGTKI kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan simulasi serta praktek kerja langsung. Sedangkan evaluasi yang digunakan adalah pengamatan langsung kepada peserta sewaktu melakukan praktik membuat dan menyusun RPP dan RPPH berbasis saintifik Berdasarkan pengamatan, sekitar 75% peserta sudah dapat membuat dan menyusun RPP dan RPPH bernasis saintifik. Kegiatan ini ternyata dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kepala guru TK/PAUD dalam membuat dan menyusun RPP dan RPPH berbasis saintifik.

 

Kata kunci: Pelatihan, RPP dan saintifik


Full Text:

PDF

References


Hosnan (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Paud Jateng (2015). Proses Menalar Dalam Pendekatan Saintifik PAUD. https://www. paud.id/proses-menalar-dalam-pendekatan/

Paud Jateng (2017). Pengertian Pendekatan Saintifik PAUD Kurikulum 2013. https://www.paud.id/pendekatan-saintifik-di-paud-kurikulum-2013/. (Diakses 10 Maret 2022)

Syafiuddin Parenrengi, Rusyadi & Andi Zulfikar Yusuf (2021). Pelatihan Penyusunan Best Practice Bagi Guru Taman Kanak-Kanak Di Pattallassang Gowa. Lemlit UNM.

Yoki Ariyana, MT dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.