PKM EDUKASI BISNIS: MANAJEMEN KEUANGAN PADA IBU RUMAH TANGGA

Anwar Anwar(1*), Chalid Imran Musa(2), Sitti Hajerah Hasyim Hasyim(3),

(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi Doktoral Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Ekonomi Doktoral Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Ekonomi Doktoral Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah para ibu rumah tangga. Pengetahuan tentang manajemen keuangan sebagai salah satu bagian utama dalam menjalankan aktivitas rumah tangga yang bahagia. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah memotivasi ibu-ibu rumah tangga dalam memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk bisa melakukan manajemen keuangan rumah tangga yang benar sebagai penunjang dalam pengelolaan rumah tangga yang bahagia dan sejahtera. Metode pelaksanaan menggunakan kombinasi metode ceramah dan praktek. Peserta terdiri atas ibu-ibu rumah tangga di Desa Batulaya Kecamatan Tinambung. Teknik pelaksanaan kegiatan terdiri atas tiga tahap dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi kegiatan. Hasil yang dicapai dari pengabdian ini adalah (1) para ibu rumah tangga sudah mampu menerapkan manajemen keuangan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga, (2) para ibu rumah tangga memiliki kesadaran, pola fikir dan pola sikap hidup yang konstruktif terutama dalam hal pemanfaatan pendapatan keluarga, (3) para ibu rumah tangga sudah mampu menggunakan pendapatan sesuai alokasi dan peruntukan berdasarkan skala prioritas keluarga. Keterbatasan dalam pelatihan ini adalah metode pelaksanaan belum menggunakan teknik pendampingan dan perbedaan kemampuan peserta menjadi masalah untuk memberikan pemahaman materi.

Kata Kunci: Manajemen Keuangan, Rumah Tangga


Full Text:

PDF

References


Biro Pusat Statistik, 2020. Jumlah Penduduk (Jiwa), 2018-2020. Kabupaten Polewali Mandar.

Badriah, E., & Nurwanda, A. (2019). Pelatihan Peranan Ibu Muda Dalam Mengelola Keuangan Rumah Tangga Sebagai Salah Satu Usaha Mengentaskan Kemiskinan. Jurnal Abdimas Galuh, 01(01), 8–15.

Badrunsyah, B., & Cahyono, S. (2019). Penyuluhan Tentang Manajemen Keuangan Keluarga Di RW 06 Kelurahan Cipayung Jakarta Timur. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 03(01), 1–9.

Hariani, S., Yustikasari, Y., & Akbar, T. (2019). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Cengkareng Barat Wilayah Jakarta Barat. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15–22.

Irdiana, S., Ariyono, K. Y., & Riza, Maulana Muhammad Khairullah, M. N. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Di Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 873–882.

Irfani, S. A. (2020). Manajemen Keuangan dan Bisnis: Teori dan Aplikasi. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Nikmah, N., Safrina, N., Farida, L. E., & Qalbiah, H. N. (2019). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga Bagi Kelompok Yasinan Ibu-Ibu Komplek Rahayu Jalan Pramuka Banjarmasin. Jurnal Impact: Implementation and Action, 1(2).

Nofianti, L., & Denziana, A. (2010). Manajemen Keuangan Keluarga. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 9(2), 192–200. https://doi.org/10.24014/marwah.v9i2.481

Ratnasari, S. L., Susanti, E. N., Nasrul, H. W., Tanjung, R., & Sucahyo, G. (2021). PKM Mengelola Keuangan Rumah Tangga Pada Ibu-Ibu Di Kecamatan Sagulung Kota Batam Untuk Menuju Keluarga Sejahtera. Jurnal KeDayMas: Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 01(01), 35–40.


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.