PKM EDUKASI BISNIS: MANAJEMEN PRODUKSI PADA USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG

Anwar Anwar(1*), Romansyah Sahabuddin(2), Sitti Hasbiah(3), Stepani Inggrid Gorap(4),

(1) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah pemilik usaha ternak ayam kampung. Pengetahuan tentang manajemen usaha khususnya manajemen produksi masih sangat terbatas pada pemilik usaha ternak ayam kampung. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah memotivasi pemilik usaha ternak ayam kampung dalam memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk bisa melakukan manajemen produksi yang benar sebagai pendukung dalam pengembangan usahanya. Metode pelaksanaan mengggunakan kombinasi ceramah dan praktek. Peserta terdiri atas pemilik usaha ternak ayam kampung di Desa Batulaya Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Teknik pelaksanaan kegiatan terdiri atas tiga tahap dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi kegiatan. Hasil yang dicapai dari pengabdian ini adalah (1) pemilik usaha sudah memiliki mindset jiwa kewirausahaan, sehingga penyuluhan menciptakan jiwa kewirausahaan ini dapat mengembangkan dan mengimplementasikan kreatifitas dan inovatif pada pelaku usaha dengan mengimplementasikan skill yang dimiliki, (2) pemilik usaha sudah memiliki pengetahuan dalam menjalankan usahanya sesuai dengan konsep manajemen produksi yang baik dan benar (3) pemilik usaha sudah mampu menjalankan pola pemeliharaan ayam kampung yang dilakakan dengan intensif dengan memperhatikan pakan dan pengendalian penyakit, (4) pemilik usaha dapat mampu meningkatan nilai ekonomis usaha.

Kata Kunci: Manajemen Produksi, Usaha Ternak Ayam Kampung

Full Text:

PDF

References


Adisetiawan, A. (2013). KAJIAN PERSEPSI PEMILIK USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) TERHADAP LAPORAN KEUANGAN. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 13(4), 162-173.

Adnyana, I. P. G. G., Mahardika, I. G., & Sukanata, I. W. (2016). Pengaruh lama penyimpanan terhadap kualitas telur ayam kampung dari kelompok peternak ayam buras mertasari di Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Jurnal Peternakan Tropika, 4(3), 506- 518.

Abdullah Thamrin. (2003). Manajemen Produksi dan Industri Kecil. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Biro Pusat Statistik, (2020). Jumlah Penduduk (Jiwa), 2018-2020. Kabupaten Polewali Mandar.

CNN Indonesia. (2019). KEIN Sebut UMKM Kunci Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen. https:/www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190527202520-532-398900/kein-sebut-umkm-kunci-pertumbuhan-ekonomi-7-persen&ved. Dikutip pada 5 Maret 2022.

Fauzi, H. (2020). Pelatihan manajemen keuangan bagi pelaku UMKM sebagai upaya penguatan UMKM Jabar Juara naik kelas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 247-255.

Herlina, B., Novita, R., & Karyono, T. (2015). Pengaruh jenis dan waktu pemberian ransum terhadap performans pertumbuhan dan produksi ayam broiler. Jurnal Sain Peternakan Ikan, 10(2), 107-113.

Nataamijaya, A, G. (2010). Pengembangan potensi ayam local untuk mneunjnag peningkatan kesejaheraan petani. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 29(4), 131-138.

Patmarina, H., & Hentonto, H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Nathani Indonesia di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1).

Rasyaf, M. (2003). Pengelolaan Usaha peternakan Ayam Kampung. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Simanjuntak, Mery Christiana. (2018). Analisis Usaha Ternak Ayam Broiler Di Peternakan Ayam Selama Satu Kali Masa Produksi. Jurnal FAPERTANAK. III(1).

Subagyo Pangestu dkk. 2000. Dasar-Dasar Operation Research. Edisi 2. PT BPFE, Yogyakarta.

Suryana, S., & Bayu, K. (2014). Kewirausahaan: Kiat dan Proses menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suprayogi, W. P. S., Wida, E., & Dwi, S. (2018) Budidaya ayam kampung intensif melalui program pengembangan usaha inovasi kampus. Inoteks, 22(1), 18-27.

Tarigan, I. S., Gea, I., Situmorang, M., Dubois, W. R., & Widiastuti, M. (2021) Percepatan produksi daging ayam kampung melalui pengontrolan aspek pemeliharaan: Upaya peningkatan ekonomi keluarga pra sejahtera. Jurnal Pionir, 7(1), 10-26.

Utomo, H. (2012). Kontribusi soft skill dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Among Makarti, 3(1).

Yuwanto, dkk. 2007. Studi Budidaya Sifat-Sifat Ayam Kampung, Ayam Pelung, Ayam Bangkok. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Perguruan Tinggi. Dirjen Dikti. Bogor.

Yosi, F., & Nurrahmandani, M. (2020). Manajemen kesehatan dan pengendalian penyakit ayam broiler di peternakan dindahlan Desa Seri Kembang III Kecamatan Paraman Kabupaten Ogan Ilir, Jurnal Peternakan, 4(1). 68-74.

Zulfanita. (2011). Kajian Analisis Usaha Ternak Kambing di Desa Lubangsampang Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Mediagro Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 7(2), 61–68.


Article Metrics

Abstract view : 119 times | PDF view : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.