PELATIHAN PENGGUNAAN SCAN TOOLS UNTUK MOBIL SISTEM ELEKTRONIK FUEL INJEKTION DI KECAMATAN WONOMULYO KAB. POLMAN

Muhammad Yahya(1*), Darmawang Darmawang(2), Saharuna Saharuna(3),

(1) Dosen Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar
(2) Dosen Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar
(3) Dosen Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat penggunaan scan tools untuk mobil system elektronik fuel injection di kec. Wonomulyo Kab.Polman adalah:  (1) yaitu menghasilkan bengkel yang dapat merawat dan melakukan perbaikan pada mobil yang menggunakan teknologi Sistem EFI sesuai dengan prosedur serta dapat menentukan letak kerusakan dengan menggunakan scaan tools di Wonomulyo Kab. Polman Propinsi Sulawesi Barat, (2) meningkatnya pengetahuan teori dan praktik bagi bengkel dan mekanik bengkel di kec. Wonomulyo dan (3) meningkatnya pendapatan yang diperoleh setelah permasalahan mitra diselesaikan. Metode kegiatan yang digunakan antara lain: observasi, penyuluhan (teori), pelatihan (praktek), diskusi, dan evaluasi. Hasi; kegiatan diperoleh: yaitu; daya serap penguasaan materi oleh peserta rata-rata baik dan ini terbukti pada saat diadakan pelatihan, sekitar 80% dapat menggunakan scan tools dengan benar, hanya saja untuk memahami kode sensor dan actuator hanya sekitar 70% yang berhasil dengan tepat, tetapi umumnya dapat mendelete kerusakan dengan benar. Hal ini wajar karena dalam penggunaan scan tools memang membutuhkan banyak latihan. Pelatihan ini tanpa kendala yang berarti dan dapat terlaksana sesuai dengan target yang diharapakan.


Full Text:

PDF

References


Abustam, Muhammad Idrus.dkk. (1994). Kajitindak dalam upaya pengembangan sumber daya manusia miskin di daerah pedesaan. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP Ujung Pandang, tanggal 27 Oktober 1994.

Boentarto (1995). Cara pemeriksaan, penyetelan dan perawatan sepeda motor. Yogyakarta : Andi Offset.

Honda (1978). Pengetahuan teori listrik pada peralatan sepeda motor. Jakarta. PT. Astra Internasional.

Kairupan, Lyli E.F Rompas (1997). Model peningkatan keterampilan dan pola pikir masyarakat nelayan melalui strategi pembelajaran dengan media audio visual. Laporan Penelitian Hibah Bersaing V/I Perguruan Tinggi tahun 1996/1997. Lembaga Penelitian IKIP Ujung Pandang.

Maleev, V.L (1995). Operasi dan pemeliharaan mesin diesel. Terjemahan. Bambang Primbodo. Jakarta: Erlangga.

Mannan, Abdul. dkk. (1993). Pendidikan keterampilan teknik bagi masya-rakat nelayan di Kecamatan Binamu Kabupaten Bulukumba. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat IKIP Ujung Pandang.

Teiseran, Emanuel (1985). Teknik motor. Yogyakarta : Liberti Yogyakarta.

Triwulandari S. Dewayana (2012). Peluang dan tantangan industri komponen otomotif indonesia. Prosiding seminas


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.