PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK GURU FISIKA SMA/SMK/MA SE-KAB. MAROS

Bunga Dara Amin(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Muh. Saleh(3),

(1) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Model pembelajaran Berbasis Proyek dalam pembelajaran fisika merupakan sebuah model pembelajaran yang menuntun peserta didik membuat sebuah proyek yang memfokuskan pada pengembangan produk atau unjuk kerja, melakukan pengkajian atau penelitian serta memecahkan masalah, sesuai tuntutan pembelajaran abad 21. Hasil observasi menunjukkan bahwa Permasalahan umum yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran di dalam kelas, khususnya untuk mata pelajaran Sains Fisika di Tingkat SMA/SMK/sederajat se-Kab. Maros, adalah guru hanya terbiasa menerapkan model Discovery Learning, tidak memahami esensi dari setiap sintaks model pembelajaran, dan menganggap bahwa lembar kerja peserta didik terlepas dari model pembelajaran yang diterapkan. Solusi yang ditawarkan melalui kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dipusatkan di SMAN 1 Maros adalah memberikan Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Guru Fisika SMA/SMK se-Kab. Maros, sebagai upaya peningkatan kompetensi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran Fisika di era abad 21 ini. Hasil atau capaian dari kegiatan PKM ini disajikan secara deskriptif dengan menunjukkan persentasi jumlah guru peserta pelatihan yang mampu dalam menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD adalah sebagai berikut: 1) format perangkat pembelajaran 92%. 2) kesesuaian KD dan Model PjBL 67%, 3) ketepatan sintaks PjBL 73%, dan 4) kesesuaian dengan LKPD 56%.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis proyek, Sains Fisika, Perangkat Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Alec Patton. (2013). Work That Matters: The Teacher’s Guide to Project-Based Learning. In Radiology management (1st ed., Vol. 35).

Gunawan. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mtaram: FKIP UNRAM.

Laboy-Rush, D. (2011). Integrated STEM Education through Project-Based Learning. In Learning.Com. Retrieved from http://rondoutmar.sharpschool.com/UserF iles/Servers/Server_719363/File/1213/STEM/STEM-White-Paper 10120 final [1]

Murti, K.E. (2013). Pendidikan Abad 21 Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Untuk Paket Keahlian Desain Interior. Artikel Kurikulum 2013 SMK.

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S.

(2017). Development of Science Student Worksheet Based on Project Based Learning Model to Improve Collaboration and Communication Skills of Junior High School Student. Journal of Science Education Research, 1(1). https://doi.org/10.21831/jser.v1i1.16178.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. In Jossey-Bass (1st ed.).

Wahida, F., Rahman, N., & Gonggo, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Parigi. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 4(3), 36–43.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.