PEMANFAATAN TANAMAN MANGROVE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN IBU RUMAH TANGGA DI DESA BATULAYA, KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Andi Mustika Amin(1*), Amiruddin Tawe(2), Siti Hasbiah(3), Ridfan Rifadly Abadi(4), Rahmat Riwayat Abadi(5),

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar,
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Berbagai macam sumber daya yang terdapat di pesisir belum dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi masyarakat. Salah satu sumber daya yang dapat dimanfaatkan yaitu, melimpahnya tanaman mangrove yang belum dapat diimbangi dengan kemampuan masyarakat dalam pengolahan serta pemanfaatannya. Ketergantungan terhadap pangan pokok, kurangnya pengetahuan, serta terbatasnya diversifikasi pangan dapat mengakibatkan terjadinya kerawanan pangan. Pada kondisi demikian, pemanfaatan pangan lokal untuk wilayah pesisir, seperti buah mangrove sangat diperlukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan tanaman mangrove sehubungan dengan banyaknya tanaman mangrove yang tersedia di ekosistem mangrove pada Desa Batulaya, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar.  Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan buah mangrove berjenis rhizophora mucronata, sebagai bahan utama pembuatan kue. Dari kegiatan ini, para peserta dapat mengetahui proses serta-serta langkah-langkah dalam pengolahan buah mangrove berjenis rhizophora mucronata serta berpartisipasi langsung pada dialog serta proses pengolahannya. Metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi ini antara lain yaitu, kegiatan pendampingan, penyuluhan, dan pelatihan. Hasil sosialisasi ini diharapkan agar masyarakat Desa Batulaya mampu memanfaatkan serta mengolah tanaman mangrove berjenis rhizophora mucronata, selanjutnya diharapkan adanya kesadaran masyrakat akan keberadaan ekosistem mangrove sehingga hutan mangrove dapat terpelihara dengan baik.

Kata kunci: pemanfaatan, tanaman mangrove, housewives economic

Full Text:

PDF

References


Ana, C. 2015. Manfaat Hutan Mangrove bagi Kehidupan Manusia.

Desyanaputri. 2016. Manfaat Tanaman Bakau untuk Lingkungan dan Kesehatan.

Herwanti, S. 2017. Kajian Pengembangan Usaha Sirup Mangrove Di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Hutan Tropis, (4)1.

Ilminingtyas, D., & Kartikawati, D. 2009. Potensi Buah Mangove Sebagai Alternatif Sumber Pangan. Semarang: Universitas 17 Agustus.

Jamaludin, Adon Nasrullah. 2015. Sosiologi Perdesaan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Jendela Lestari. 2014. Pemanfaatan Mangorve Avicennia Marina. Https: //Jendelalestari.Blogspot.Com/2014/06/Manfaat-Dan-Jenis-Jenis-Mangrove.Html.

Kartasasmita, G. 1996. Pembangunan untuk Rakyat Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: PT. Pustaka Cidesindo.

Kurniawan, A., Wulandari, S. Y., & Supriyantini, E. 2012. Pengaruh Perebusan Dengan Abu Sekam dan Waktu Perendaman Air Terhadap Kadar HCN Pada Buah Mangove Avicennia marina. Journal of Marine Research, (1)2, 80-87.

Kusmana, C., Suryani, A., Hartati, Y., & Oktadiyani, P. 2009. Pemanfaatan Jenis Pohon Mangrove Api-Api (Avicennia Spp.) Sebagai Bahan Pangan dan Obat-Obatan. Bogor: IPB.

Leksono, T. 2017. Pemanfaatan Buah Mangrove Pedada (Sonneratia Caseo- Laris) Sebagai Pembuatan Sirup Terhadap Penerimaan Konsumen. (22)1.

Mile, L., Nursyam, H., Setijawati, D., & Sulistiyati, T.D. 2021. Studi Fitokimia Buah Mangrove (Rhizophora Mucronata) di Desa Langge Kabupaten Gorontalo Utara. Jambura Fish Processing Journal, 3(1), 1-8.

Mustangin, Kusniawaty, D., Islami, N. P., Setyaningrum, B., dan Prasetyawati, E. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Di Desa Bumiaji. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, Vol. 2 No. 1.

Risky, M. 2019. Pengaruh Pemberian Pakan Daun Mangrove Api-Api (Avicennia Marina) Dan Rumput Lapangan Terhadap Pertambahan Bobot Badan Harian (PBBH) Kambing Kacang (Capra Aegagrus).

Soenardjo, N., & Supriyantini, E. 2017. Analisis Kadar Tanin Dalam Buah Mangrove Avicennia Marina Dengan Perebusan Dan Lama Perendaman Air Yang Berbeda. Jurnal Kelautan Tropis, (20)2.


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.