PKM Buku Ajar

Thamrin Tahir(1*), Muhammad Hasan(2), Muhammad Ihsan Said Ahmad(3), Syamsu Rijal(4), Nur Arisah(5),

(1) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Salah satu kekurangan dalam dunia pendidikan adalah minimnya buku ajar yang dihasilkan sendiri oleh para ahli kita sendiri termasuk para tenaga pendidik. Menulis buku ajar tidak semudah yang diperkirakan orang. Seorang guru besar yang produktif meneliti mengakui bahwa menulis buku ajar lebih sulit daripada menulis laporan penelitian. Namun untuk meningkatkan hasil belajar siswa, diperlukan penyediaan buku teks yang lengkap di tangan siswa dan penerapan cara mempelajari buku teks yang baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru-guru tentang pembuatan buku ajar yang dapat digunakan sebagai buku referensi untuk mengajar ke siswanya. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan di SMK Negeri 2 Majene, Kabupaten Mejene. Hasil pengabdian ini sangat mendukung dan tuntutan profesi sebagai guru dan mereka sangat antusias untuk mengikuti pengabdian tersebut. Hal ini terlihat pada kesungguhan dan keseriusan mereka mengikuti materi pengabdian karena pengabdian ini merupakan suatu kegiatan yang sangat membantu guru-guru agar bisa membuat buku ajar yang dapat digunakan sebagai buku referensi untuk mengajar ke siswanya.

 

Kata kunci: pembuatan buku ajar


Full Text:

PDF

References


Adjat Sakri. Pidato Promovendus pada Penganugerahan Gelar Doktor Honores Causa, Tata Bahasa Untuk menulis Buku Ajar Perguruan Tinggi. . UNJ. 22 September 2006.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ekawati, M. (2018). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menggunakan Model of Educational Reconstruction. Journal of Biological Education, 2, 84–90.

Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., AP, N., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 266–270. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/16187

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Leplingard, F., Borne, S., Martinelli, C., Leclère, C., Lopez, T., Guérin, J., Bayart, D., & Vanholsbeeck, F. (2003). FWM-Assisted Raman Laser for Second-Order Raman Pumping. In Optics InfoBase Conference Papers (pp. 431–432).

Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muna, Wa. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras

Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks https://documents.tips/documents/nomor-11-tahun-2005pdf.html

Susanto, R. (2021). Pkm Menulis Buku Ajar Berbasis Penelitian. 9.

Zulhannan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.